Tebakan Jadul yang Melekat di Kepala Anak 90an

Zaman dulu ya, Dek. Mas paling suka dengan yang namanya tebak-tebakan. Apapun jenis tebak-tebakannya, kalau bisa menjawabnya ya hepi sekali. Referensi tebakannya beragam, dari orang yang lebih tua, dari temen sebaya yang udah tahu duluan, terus diforward ke temen yang paling tolol karena kurang update. Oh iya dari kertas permen karet juga ada. Dulu harganya seratus perak. 

Dan rasanya itu sangat seru sekali, nggak bisa dimainin di gadget seperti game GetRich yang sering kamu mainin itu, Dek.

Tebakan Jadul

Satu tebakan yang paling melekat banget di kepala Mas itu yang ini. 
Q: Apa bedanya cacing sama orang?
A: Kalau orang bisa cacingan, nah kalau cacing nggak mungkin bisa orangan.
Pernah dapat teka-teki ini juga nggak, Dek?
Q: Ikan apa yang badannya kecil tapi kepalanya besar?
A: Ikan teri pakai helm

Lagi ya. 
Q: Sepeda apa yang nggak bisa dicat?
A: Sepeda hilang 

Ini sempat bikin Mas mikir banget juga.  Mas sempat nyerah juga sih, karena nggak tahu jawabannya. Ternyata jawaban ada di Swedia. 
Q: Negara apa yang ada dalam peribahasa? 
A: Swedia. Swedia payung sebelum hujan.
See? Plesetannya oke nih. 

Q: Buah apa yang ada mahkota di atasnya?
A: Buah nanas. 

Biasa aja yang ini mah. Yang lebih bikin gregetan itu yang ini nih.  Mas pernah dapat ini dari tetangga Mas. Tebakannya mas disuruh nyebutin  5 buah-buahan dalam 2 detik. Menyerupai soal esai zaman sekolah gitulah. 

Bayangin aja, 5 buah-buahan disebutin dalam 2 detik doang. Mana bisa? Mas pun ngotot dong. Tapi ternyata ya ada. Karena mas pada waktu itu emang kurang jeli sih. Kepandaian Mas juga tidak sebanyak sekarang. Jadi ya wajar. Jadi jawabannya apa?

Q: Sebutin 5 buah dalam 2 detik!
A: Rujak. 

Terus ada lagi. Waktu musim nonton Superman, ada tebakan begini.
Q: Kenapa Superman poni keritingnya cuma satu? 
A: Karena kalau keritingnya banyak namanya Supermie. 

Superman vs Supermie


Bahasa asing juga sering jadi tebakan nih. Biasanya bahasa Arab dan Cina. 
Q: Apa bahasa Cinanya sepi? 
A: Zun Yii Zen Yap

Q: Apa bahasa Arabnya gajah masuk kulkas?
A: Mustahillah 


Sampai pertanyaan yang ngeres-ngeres seperti ini:
Q: Kenapa ayam jago nggak punya tangan? 
A: Karena ayam betina nggak punya susu. 

Yang lebih nyentil lagi waktu Mas masuk SMP. Dapat tebakan kayak gini
Q: Dikocok-kocok keluar putihnya, apa hayo?
A: Arisan 

Padahal Mas udah mikir yang macem-macem. 

Ada juga tebakan yang menurut Mas paling garing.
Q: Apa bedanya orang gemuk dengan orang kurus?
A: Orang kurus makan hati, orang gemuk makan tempat. 

Pfft. 

Banyak sih sebenernya Tebakan Jadul itu ya. Mungkin kamu bisa nambahin, Dek?

Comments

  1. Yang kayak begini bisa naikin traffic nih. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga bisa mengangkat lagi traffic yang sudah lama hilang :v

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nakal ini si Jemberet pakai ngapus-ngapus komentar! Lagi banyak waktu luang ya? aduh, mas lupa kalau kamu nggak bakal dapat notif :v

      Delete
    2. Hmmm...
      Mas emang begitu orangnya :D

      Delete
  3. Bagus, mas.. :D Dodol...

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Iya, mas emang cakep kok. Mas sadar itu. Makasih ya sudah mau mengingatkan :)

      Delete
  5. Meski bukan anak 90an, tapi, waktu kecil gue juga sempet dapet permainan yg kayak gini. Biasanya beli permen big buble banyak2 cuma buat nambah teka-teki buat ditanyain ke orang2~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kamu masih termasuk anak 90an, Dek. Percaya deh sama Mas. :D

      Delete
  6. Hahahaha, ngingetin tebakan jaman dulu ya. Masih banyak tebakan jadul 90an tapi udah banyak yang lupa sih.

    ReplyDelete
  7. Iya dek. Masih sangat banyak sekali. Ayo ingat ingat lagi hehe

    ReplyDelete
  8. Wahh saya masih ingat nihh :D.. emang tebakan jadul yang ini mah melekat dikepala banget hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahhaa
      Coba diingat-ingat yang lain. Barang kali ada adik-adik yang belum tahu :D

      Delete
  9. Baca postingan ini jadi bikin nostalgia jaman dulu...baca novel lupus kecil dan dapet banyak peribahasa konyol dan tebakan macam gini...hahahaha

    "Tong kosong bunyinya nyaring, udel bodong giginya kuning"

    Nice post kak! ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakaka
      Saya malah belum pernah baca lupus kecil. Jadiin wishlist deh.
      Makasih udah mampir :)

      Delete
  10. Kok pas amat ya bahasannya tentang 90 an hahhah
    iya juga sih dulu kalo tebak tebakan ya kayak gitu jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Emang kayak gitu jawabannya hahahah

      Delete
  11. Yang arisan dulu emang bangsat banget itu pertanyaan... mikirnya pada jorok semua :v
    dulu pernah dapat teka teki gareng tapi nemu jawabannya setengah mampus, padahal mudah...

    Q: Kenapa mobil bisa berhenti?
    A: karena direm

    bhahahahangshaaatt

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Popular posts from this blog

Cara Paralel Propana Reload ke Jabber

Decolsin Solusi Flu Batuk yang Menyebabkan Kantuk

Kamus Bahasa Linggau