Indonesia Tetap Gemah Ripah Loh Jinawi

Dulu saat kecil, saya sering sekali mendengar kalimat gemah ripah loh jinawi di televisi. Meski belum tahu artinya, saya merasa kalau Indonesia itu keren. Setelah paham bahwa gemah ripah loh jinawi artinya adalah tentram dan makmur dengan tanah yang subur, saya semakin bangga lagi.

Karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keberagaman budaya, suku, bahasa, makananan, dan sebagainya. Kalau mengingat ini saya jadi ingin ngebolang melulu.

Dan lagi, slogan KAMI TIDAK TAKUT setelah terjadinya pengeboman di Jakarta lalu membuat saya yakin, bahwa negara ini tetap gemah ripah loh jinawi meski banyak perubahan yang telah terjadi.

Misalkan saja dalam 10 tahun ke belakang. Jika harus flashback ke 10 tahun ke belakang, itu artinya mengembalikan saya ke masa-masa Putih Biru. Saya masih jadi remaja laki-laki yang manis, dengan bulu betis yang baru saja mulai tumbuh.

Maka perubahan apa saja yang terjadi selama 10 tahun terakhir? Saya akan membahasnya melalui empat poin berikut.

MAKANAN

Makananan dulu dan sekarang

Seperti yang saya bilang sebelumnya, 10 tahun terakhir saya masih SMP. Pada waktu itu yang saya tahu, saya selalu saja merasa senang acapkali Ibu saya membelikan saya jajanan pasar. Seperti; tiwul, gatot, kelepon, cemplon, atau yang lainnya. Sedangkan sekarang, mungkin saja masih ada yang menjual makanan jenis itu, namun sulit mencarinya. Sebab tergantikan dengan makanan cepat saji. 

Alasan praktis menjadi poin pertama mengapa-orang zaman sekarang lebih memilih makanan cepat saji. Dan biasanya harganya lebih murah jika harus dibandingkan dengan makanan tradisional, atau makanan-makanan yang harus diolah terlebih dahulu di dapur. 

Padahal sebenarnya, makanan cepat saji mengandung kalori yang cukup tinggi. Belum lagi adanya bahan pengawet, pemanis buatan, ekstrak penambah aroma, dll yang notabene tidak baik dampaknya bila secara terus-menerus masuk ke dalam tubuh. 

GAYA HIDUP 

Gadget dulu dan sekarang
Bicara tentang gaya hidup berarti berhubungan dengan sosialita. Sebagai makhluk sosial komunikasi masuk sebagai peranan yang paling penting dalam gaya hidup. Kata orang gaya hidup menggambarkan seluruh pola seseorang dalam beraksi dan berinteraksi di dunia.

Untuk itu gaya hidup erat kaitannya dengan gadget. Kalau dulu banget menggunakan surat menyurat, di 10 tahun ke belakang komunikasi via surat sudah digantikan dengan hadirnya ponsel. 

Saya ingat sekali waktu SMP dulu saya dibelikan Bapak saya ponsel yang masih polyponic, dan itu juga masih harus dipakai bareng-bareng serumah. Jadi sering rebutan juga sama Kakak saya yang waktu itu masih bujang. 

Sekarang, tipe ponsel semakin beragam dan modern. Rata-rata juga sudah memberikan fitur layar sentuh. Dan fungsinya juga bukan hanya sebagai alat komunikasi, melainkan juga sebagai media untuk terhubung ke jaringan, serta bisa digunakan sebagai hiburan. Tak ayal kalau ponsel sekarang disebut dengan smartphone, karena mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang menyerupai komputer.

KESEHATAN

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis. Sebagian orang malah menyebut kesehatan sebagai investasi. Karena hanya dengan memiliki kesehatan kita dapat bekerja seoptimal mungkin, sehingga digadang-gadangkan sebagai aset yang sangat berharga. 

BPJS Kesehatan

Sekarang di Indonesia sudah ada BPJS Kesehatan. Sehingga diharapkan mampu memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh rakyat Indonesia. 

BPJS Kesehatan adalah BUMN yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama untuk Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa. (Wikipedia, https://id.wikipedia.org/wiki/BPJS_Kesehatan) 

Dengan adanya BPJS ini saya berharap kejadian yang mungkin terjadi di 10 tahun ke belakang, hanya penyebab biaya, hak untuk sehat tidak dipenuhi dengan maksimal oleh pihak kesehatan. Ya semoga saja. 

KECANTIKAN 

Maudi Ayunda

Sebelumnya kan saya bilang kalau 10 tahun ke belakang saya masih SMP. Jadi dalam hal kecantikan saya akan mengambil sampel dari perempuan yang terkenal di generasi saya, saya ambil Maudi Ayunda. Karena di mata saya perempuan yang satu ini cantik cantik cantik. :*

Gambar di sebelah kiri adalah ketika Maudi berperan sebagai Rena di film Untuk Rena tahun 2006. Sangat terlihat bedanya Maudi Ayunda yang dulu dan sekarang. Dari segi berpakaiannya, make up, dan segala macam. Tampak Maudi Ayunda yang sekarang jauh lebih cantik dibandingkan dirinya 10 tahun ke belakang. 

Dari empat perbedaan-perbedaan di atas, saya dapat menyimpulkan betapa Indonesia telah banyak mengalami perubahan. Meskipun begitu, dengan adanya banyak perubahan ini, Indonesia seharusnya tetap memegang teguh semboyan bangsa yang Bhineka Tunggal Ika. 
Aamiin

Comments

  1. Maudyyyy <3

    Gemah ripah loh jinawi ini dulu sering denger gegara lagu trio kwek kwek

    "Australia negri wool katanyaaa katanyaaa"
    "Indonesia tercinta orangnya ramah ramah..."

    ReplyDelete
  2. Tulisan ini membawa kenangan
    Layaknya kunang-kunang
    Cahaya dikala malam membuat hati yang gelisah menjadi tenang
    Dan sedih menjadi senang

    flashback, cuy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asekkk
      Mas Gembol jadi ingat masa lalu haha

      Delete
  3. gagal fokus ke yang lain cuma foto maudi ayunda. love love love :P

    Semoga akan tetap gemah ripah loh jinawi ya bang! indonesia itu hebat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mah akal akalan ente aja min :D
      Tapi thankslah udah mau mampir hehe

      Delete
  4. Replies
    1. Mau dek. Banget!

      Stres kan? -_-

      Delete
  5. Bangganya yang lahir di tahun 90an bisa merasakan dp jama dulu
    makanan dulu

    jadi pengen merasakan masa masa itu lagi :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Alhamdulillah ya :)
      Ayo diinget lagi pernah ngapain aja haha

      Delete
  6. Hehe, dulu aku masih hitam hadi, sekarang sih mulai ada prubahan.. coklat muda. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik
      Berarti ada perubahan di kecantikan kamu dong :D

      Delete
    2. Iya mas... Ada, tapi sedikit :D lumayan laahh...

      Delete
  7. Sampai sekarang pun Indonesia tetap "Gemah ripah loh jinawi" mas... :)

    ReplyDelete
  8. 10 tahun yang lalu masih SD kayaknya. Dan bener. Banyak banget perubahannya dari makanan, gaya hidup, kesehatan, sama kecantikan. Tapi semoga tetep gemah ripah loh jinawi.

    ReplyDelete
  9. Tulisan ini mengajak bernostalgia 10 tahun yang lalu.....
    tapi ada satu point yang masih bergandeng tangan dengan kehidupan saya tanpa ada perubahan apapun, yakni kue klepon buatan ibu yang masih setia menemani dirumah sbgai makanan kesukaan keluarga... :-)

    ReplyDelete
  10. Waduh ada dek maudy <3
    10 tahun yang lalu ya hmmmm. Waktu itu saya belum mengenal susahnya hidup. Yang ada seneng-seneng terus hahaha. Namanya juga masih anak kecil.

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Popular posts from this blog

Cara Paralel Propana Reload ke Jabber

Decolsin Solusi Flu Batuk yang Menyebabkan Kantuk

Kamus Bahasa Linggau