CARA MENJADI PENULIS KOMEDI

Mungkin kedengarannya gak patut kalau gue ngasih tahu cara menjadi penulis. Secara, gue mah apa gitu. Tapi mohon tenang, gue cuma mau sharing dikit. Ini menyangkut dua orang yang semalam nanya ke inbox gue tentang gimana sih caranya menjadi penulis. 

Kalau menurut gue sih, ada beberapa cara untuk menjadi penulis. Coba kita runut!

1. TAHU ARTI DARI KATA PENULIS 
Menurut gue penulis itu adalah seseorang yang melakukan aktivitas menulis. Jadi kalau lo sudah melakukan aktivitas menulis, menulis status di facebook misalnya. Kalau versi gue, lo udah bisa dibilang seorang penulis lah. Karena lo menulis, walaupun baru menulis status di facebook. 

2. BANYAKIN MEMBACA BUKU
Dulu banget sebenarnya gue juga kepo. Dalam artian, sering banget nanya ke orang yang lebih dulu nerbitin novelm tentang gimana caranya, kok bisa sih tembus penerbit ini, dan segala macam. Dari sana gue dapat jawaban kalau kita cukup rajin membaca buku.
Ada baiknya begitu. Dan kadang kalau gue ditanya hal serupa gue juga pakai jawaban itu. Tapi sebenarnya proses menulis dan membaca itu beda. Jadi nggak harus membaca juga sih. Mungkin sering membaca di sini maksudnya biar gampang tahu gimana caranya membentuk konflik, alur dan segala macam. Kan itu semua bisa juga dipelajari dari film. Ya gak sih? Jadi menurut gue, memang baik membaca buku, tapi menonton film juga oke. Asal film yang ditonton bukan bokep aja sih. 

3. KONSISTEN
Menulis itu perlu tekun. Apalagi menulis novel. Karena bukan novel namanya kalau hanya dua lembar A4. Untuk menulis novel setidaknya kita punya bank naskah sebanyak 100 halaman A4. Bagaimana caranya membuat tulisan sebanyak itu?
Jawabannya satu; konsisten. Sama halnya dengan lo ngeblog. Sehari cukup satu lembar aja, atau satu postingan. Lo nggak mungkin bakalan nyangka kalau dalam 100 hari kemudian, postingan lo itu udah cukup banget untuk dijadikan novel. Jadi, ayolah menulis dan konsisten Gaes!

4. IKUT KELAS MENULIS 
Sebenarnya banyak cara menjadi penulis. Tapi kali ini, gue anggap poin ini sebagai bahasan terakhir.
Ikut kelas menulis di sini bebas, semau lo atau sesuka lo. Banyak kelas menulis gratis di facebook. Tapi ya ilmunya ya gitu-gitu aja. Yang lebih baik ikut kelas menulis berbayar.
Apa? lo bingung mau daftar ke mana? 


Comments

  1. Konsisten yang susah ya kakak. Kalo baca dan ngeblog udah bisa lah konsisten :D

    ReplyDelete
  2. nyari ide tuh yang susah, kalau dah mentok kadang bingung mau nyari dimana lagi

    ReplyDelete
  3. Saran yg menggoda *pensive*

    ReplyDelete
  4. aaaaaa pengen ikutan :(

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Popular posts from this blog

8Share Indonesia Alternatif Mengumpulkan Duit di Internet

Decolsin Solusi Flu Batuk yang Menyebabkan Kantuk

Cara Paralel Propana Reload ke Jabber