#TerusBergegas GagasMedia Karena Gue Suka

Sebelumnya gue mau ngasih ucapan selamat ulang tahun, khususon buat penerbit GagasMedia, yang dalam hal ini udah genap dua belas tahun. Semoga GagasMedia akan selalu berjaya sampai seabad kemudian. Aamiin. 


Selanjutnya, gue pengen ikutan menjawab 12 pertanyaan dari GagasMedia di event #TerusBergegas. Yah, semoga gue mampu menjawabnya sih. 

#TerusBergegas

Dan inilah adalah jawaban dari gue. 

1. Dua belas buku yang berhasil membuat gue terkesan. 
Pada dasarnya semua buku itu bagus. Hanya saja, setiap orang memiliki kriteria sendiri-sendiri dalam penilaian mereka. Gue mengukur suatu buku yang menurut gue bagus dan berhasil membuat gue terkesan melalui mood gue. Acapkali mood gue sedang enak, dan buku yang gue baca itu enak, menurut gue itu lah buku yang berhasil membuat gue terkesan. Balik ke selera aja sih. Bisa jadi apa yang menurut gue bagus, menurut orang lain malah sebaliknya. Dan gue sudah merangkum buku-buku yang berhasil membuat gue berkesan melalui gambar di bawah ini. 

12 Buku yang paling berkesan

2. Buku yang berhasil membuat gue menangis adalah Buku Cetak Kimia waktu SMA. 
Gue nggak becanda. Sebenernya nggak sampai nangis kejer juga sih. Cukup miris aja. Mengingat gue lulusan IPA, yang hingga lulus tetep aja buta Kimia. Tolong ampunin hamba yang salah jurusan ini, Ya Allah. 
Dan gue mengambil judul buku Tears in Heaven karyanya Angelina Caroline, yang berhasil membuat gue merasa sedih waktu membacanya. Gue terenyuh waktu melahap drama percintaan dalam novel ini. Penulis, berhasil meraciknya dengan baik, serta berhasil membuat gue terbawa akan suana haru yang tak tertanggungkan. 

3. Berikutnya adalah quote yang paling gue ingat dan menginspirasi
Gue suka quote dari buku KEI karya Erni Aladjai yang bunyinya begini,  "Kita diciptakan berpasang-pasangan! Satu lelaki untuk satu perempuan. Kalau lebih, berarti kita serakah." Halaman 123.
Ini menginspirasi gue untuk menjadi sesosok lelaki yang tangguh, yang harus bisa diandalkan oleh pasangannya. Untuk itu gue harus bisa setia pada satu wanita. 

4. Tokoh yang pengen gue pacarin
Gue pengen pacaran sama sosok Kenes di buku Misteri Patung Garam. Kenapa? Karena menurut gue, sosok cewek yang satu ini adalah tipikal gue banget. Satu sisi, gue melihat sosok Kenes ini orangnya penurut, tapi di sisi lain dengan ambisinya yang teramat besar, dia juga terlihat sebagai wanita yang keras kepala namun bukan berarti dia ceroboh. Kenes juga orangnya setia dan nerima pasangannya. Dia cocok sama gue yang notabene lempeng banget, dan yah, kayaknya bagi gue mendapatkan pasangan yang kayak Kenes ini luar biasa, Bro. 

.5. Ending novel yang sampai sekarang belum terlupakan
Adalah ending di novelnya Haris Firmansyah yang berjudul 3 Koplak Mengejar Cinta. Drama akan persahabatan yang amat kental yang membuat gue sampai sekarang terus saja ingat akan ending novel ini. Mengharukan, seru, juga lucu. 

6. Buku pertama GagasMedia yang gue baca.
SPASI. Kenapa spasi? Karena novel ini bersetting di Ambon. Amat jarang menemukan novel yang bersetting di Indonesia bagian timur. Nyeritain tentang Denta yang naksir Malabi temennya di majalah sekolah. Cowok yang dingin itu dijuluki Denta sebagai kulkas berjalan. Meski agak bertolak belakang dengannya, namun akhirnya Denta tertarik berat dengan Malabi dan memutuskan untuk jadian. 
Spasi
Cintanya agak rumit, saat Denta bingung dengan sikap dingin Malabi, muncul Sarka dari masa lalunya, yang memaksanya untuk memilih. Sarka datang dari Banten menemuinya di Ambon, dan usai menutarakan maksud hatinya, Sarka meninggalkan Denta lagi, karena sepertinya Denta lebih memilih Malabi. Sarka meninggalkan Denta ke Jerman, atas beasiswanya. Knflik terjadi saat Denta tak mampu mengucapkan selamat tinggal kepada Sarka, akibat Malabi yang terlalu keasikan lama mengantar Denta ke bandara. Hingga akhirnya hubungan mereka jadi seperti hubungan antar kata, merenggang.

Dalam keadaan sekalut itu, muncul Taro, cowok populer yang ternyata menaruh hati kepada Denta. Tapi akhirnya Denta memilih kembali kepada Malabi. Cinta itu memang membingungkan yah. Deskripsi tentang tempatnya bagus. Lokalitasnya juga kerasa.


7. Judul buku yang menarik 
ada tiga buku sih yang menurut gue judulnya itu menarik banget. 
Pertama Mata Espresso buatan Richa Miskiyya. Menurut gue ini judul filosofis banget. 
Kedua, Pemilik Sepi karya Ari Keling. Nah, kalau yang ini menurut gue unik. Kadang malah gue mikir, "Loh, ternyata sepi aja sudah ada yang punya." Lalu diam-diam gue meratapi nasib. Sepi aja punya pemilik, masa gue enggak? Gue pun langsung senderan di pojokan kamar.
Ketiga, Aku Tahu Kamu Hantu by Eve She. Ini adalah buku horror yang judulnya kayak gombalan banget. Lucu sih judulnya. Dan agak misterius. Gue jadi pengen menyahut gitu, "Kok tahu sih?" Lalu alam bawah sadar gue seolah mendengarkan ada cewek yang menyahut begini, "Karena kamu berhasil menghantuiku dan menakuti aku untuk menuju lembah cinta yang begitu dalam." Aseek. 

8. Cover buku yang gue suka
Sebenernya ada pepatah yang bilang kalau kita nggak boleh menilai buku dari sampulnya aja. Tapi kadang, gue kalau milih buku suka nyari yang sampulnya mencolok, dan yang bisa membuat gue bergumam "Wah, kayaknya kece nih buku." 
Pilihan cover buku kece ini, akan gue beberkan dalam gambar berikut ini. 
Cover buku Paling Kece
Selain sampul yang penuh warna. Keempat buku ini gue pilih sebagai buku yang bersampul menarik, karena menurut gue, keempat buku ini covernya juga kekinian. Enak dipandang mata. Dan langsung bikin naksir. 

9. Tema buku 
Sebenernya ada banyak sekali tema yang pengen banget gue baca. Tapi gue kurang suka dengan bacaan yang terlalu berat. Gue seneng dengan sesuatu yang berbau lucu-lucuan. Humor yang menjadi pilihan utama untuk gue pilih. Karena gue pengen ketawa. Itu aja sih sebenernya. Nggak harus buku komedi sih. Gue paling suka membaca buku yang notabene bukan buku komedi, tapi gue malah ketawa mendapati guyonan dalam adegannya. Sebut saja misalnya kayak buku Misteri Patung Garam. Ini adalah buku misteri yang koplak menurut gue. Ada tokoh Ireng, yang sebenernya bukan tokoh utama, tapi dalam misteri itu dia berhasil menjadi sosok lawak yang berhasil bikin gue ketawa. 

10. Penulis yang pengen gue temui adalah Pevita Pearce

Eh dia artis deng ya? Ah tapi kan dia juga penulis. Jadi nggak salah-salah juga lah kalau gue nulis nama cewek ini untuk jawaban nomor sepuluh ini. 

Kalau udah ketemu gue mau ngapain? Jujur sih pengen gue pacarin. Tapi kok kayaknya memacari Pevita ini sama halnya gue harus menggarami air laut yang sudah asin. Kagak mungkin banget kan ya? 

Jadi yang gue lakuin kalau ketemu cewek ini adalah, gue bakalan foto bareng, minta tanda tangan doi. Lalu pamer deh ke sosial media. Cipika cipiki juga deh. Ini yang penting. *LOL

11. Lebih suka baca Ebook atau Kertas? 
Gue pilih kertas. Karena lebih nyata aja. Dan lagi, kertas bisa ditandatangani sama penilisnya. Sedangkan ebook kan enggak bisa. Selain itu, bisa mencium aroma buku yang harum itu sesuatu sekali bagi gue. Itulah sebabnya kenapa gue memilih kertas dibandingkan dengan ebook. 

12. Dua belas kata untuk GagasMedia

Penerbit yang sangat gaul, serta berhasil membuat pembacanya berteriak cetar membahana badai!

*** 

Sekali lagi, selamat ulang tahun GagasMedia. Semoga di tahun ini umur kamu jadi 12.  Lah? Jadi pengen ngelemparin telur busuk nih, Gas. Mueeheheh. 

TERUS BERGEGAS GAGASMEDUA



Comments

  1. Wah, punya buku gagas media juga neh, bongkar-bongkar ikuta aaaah

    ReplyDelete
  2. Kayaknya buku bang Hadi banyak, nih. Kapan-kapan boleh dong pinjem? :p

    ReplyDelete
  3. Bacaan lo variatif banget yaak ternyata :D

    Btw.. gue penasaran sama buku jomblosaurus, pengen beli tapi belum sempet.. kovernya emang unik juga sih :D

    ReplyDelete
  4. seorang penulis emang harus punya banyak refernsi buku buat dibaca ya bang.
    eh, saya belum bisa jadi penulis kalau gini-gini aja.

    dan liat buku-buku itu
    saya kok tertarik sama judul yang spasi, covernya juga bagus tuh

    ReplyDelete
  5. wiwiwiw.... :3
    Pevita pears... udah baca bukunya? aku belum dan bahkan baru tau :D aku ke mana aja selama iniiiiii

    ReplyDelete
  6. Long Distance Relationsick ! Ane malah pnasaran sama ini buku...

    ReplyDelete
  7. Kalo buku yg bikin aku nangis itu buku paket mtk, udah dipelototin soal2nya.. tapi gabisa2, trs nangis deh:( wkwk Buku yg lain banyak jg sih yg bkin aku nangis.. Emg baperan bgt soalnya-_-wahahaa..

    Dari buku yg disebutin diatas, bru tears in heaven doang yg aku pernah baca, itupun minjem pnya tmen, klo baca bca novel gapernah beli, selalu gratisan, ntah itu minjem ataupun cari pdf gratisnya wkwk #maafkandaku:(

    Tears in heaven jg sedih tuh, yg bkin sedih itu ketika si Nathan sama ayahnya deh, sdih klo ngebahas tntg orgtua, apalagi dia anak broken home:( Endingnya gak terduga jg lagi..

    ReplyDelete
  8. Sial, ternyata penulis yang pengen banget ditemuin pevita pearce. Emang cakep parah sih tuh orang. Gue kalo ketemu dia, selain minta tanda tangan, cipika cipiki, gue juga pengen minta alamat rumah orang tuanya, sih. Terus tiba-tiba dateng bawa rombongan marawis sama seserahan, biar kayak di ftv-ftv gitu.. :D

    ReplyDelete
  9. Curang! Masukin buku sendiri *lhaterus* :D

    Itu kenapa jawaban nomor 8 LOL banget? :D

    ReplyDelete
  10. Jadi tertarik sama yg judulnya jomblo saurus :D

    ReplyDelete
  11. Buku terbitan gagasmedia yang pertama kali saya baca adalah Jomblo karya Adithya Mulya, ada di situs kayaknya tuh dengan sampul yang baru kayaknya, punya saya warnanya orange bukan putih yang ada gambar ayamnya, hehe, Wah belum baca tuh buku karya Pevita Pearce... hehehehe :)

    ReplyDelete
  12. Anjir kalo ketemu Pevita pengin dipacarin. :))

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Popular posts from this blog

8Share Indonesia Alternatif Mengumpulkan Duit di Internet

Cara Paralel Propana Reload ke Jabber

Decolsin Solusi Flu Batuk yang Menyebabkan Kantuk