Begh... Beginilah Ramadhan Gue

Bulan Ramadhan atau yang biasa orang-orang sebut dengan bulan puasa, adalah bulan yang paling dinanti-nantikan oleh para muslim sejagat raya. Mengapa? Karena hanya di bulan ini, kita bisa menemukan satu malam yang paling mulia, yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Enaknya lagi, kalau biasanya gue siang-siang tidur bakalan dimarahin Nyokap dengan memberikan predikat sebagai lelaki pemalas. Nah, hanya di bulan ini, gue tidur gak dimarahin Nyokap gue. Malahan gue dapat bayaran pahala saat lagi tidur.  Ada hadistnya kok. 

Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Diamnya adalah tasbih. Do’anya adalah do’a yang mustajab. Pahala amalannya pun akan dilipatgandakan

Jadi daripada gue ngerasa ngenes gara-gara punya pacar tapi berasa gak punya pacar. Ya mending gue tidur. Gak nambahin dosa, dan dapat pahala lagi. Aseeek.


Bukan cuma itu sih. Ada banyak sekali moment yang katakanlah paling dirindukan banget. Terkhusus bagi gue. Sebab, hanya di bulan inilah gue bisa memakan es buah yang segar, makan bubur yang manis, buah-buahan, makan sawi, yang notabene di bulan lainnya jarang banget ada di keluarga gue. Kecuali sawi sih. Itu sayur andalan Nyokap gue banget kayaknya. By the way, emang harga sawi murah ya?

Selain itu, momen kumpul keluarga waktu berbuka itu loh. Begh... syahdu abis. Tikar dibentang panjang. Makanan berjejer-jejer kayak mau pesta. Keponakan-keponakan gue yang lucu-lucu ikutan meramaikan juga, walaupun pada dasarnya ia belum bisa ngebedain mana air jeruk dan mana air pipisnya sendiri.

Tak lupa, di bulan ini juga ada kesempatan bagi gue untuk kumpul bareng kawan lama. Biasanya melalui momen buka bersama. Mainstream sih. Suatu saat gue pengen deh ngadain sahur bersama gitu. Tapi di sini letak bahagianya kerasa. Misalnya gini: orang-orang yang udah lama banget gak ketemu sama lo, gak pernah komunikasi sama lo, dan lo kangen banget akan kebersamaan, bakalan terbayar melalui momen buka bersama. 

Kawan-kawan jaman SD, kawan jaman SMP, SMA, pasti mulai sibuk tuh nyari-nyari kontak buat bikin agenda buka bersama. Dan nanti biasanya lo bakalan menganga, waktu gak sengaja ngeliat ada teman lama lo yang tiba-tiba berubah cantik, secantik bidadari surga, meeeen. Bawaannya pengen bilang, "Halalkanmu sekarang boleh gak?"
*** 

Namun di balik semua kegembiraan itu semua. Di bulan yang penuh berkah ini sebenernya juga menyimpaan kesedihan. Gue aja sampai murung mau ngebeberin ini. 

Pertama.
Di bulan ini gue ngerasain banget yang namanya nafsu. Nafsu buat marah-marah, nafsu buat ini dan itu. Pokoknya gue ngerasain banget nafsu ini meningkat di bulan Ramadhan ini. 

Kedua. 
Gue sering ngalamin yang namanya boring. Soalnya di hari-hari biasanya, acapkali gue boring gue selalu ngebuka kulkas. Nyari tomat atau apapun yang ada di sana. Terus lahap deh kayak buta ijo. Nah, selama puasa gue nggak bisa ngelakuin itu. 

Ketiga.
Ini gabungan keduanya. Godaan, sebut aja itu. Gue angkat tangan sama yang namanya godaan. Udah boring, nafsu meningkat. Pas nyetel tv, semua iklan nampilin makanan dan minuman yang sedap-sedap. Ubun-ubun gue panas tuh biasanya. Belum lagi, kalau ada acara masak. Gue biasanya memang paling suka mantengin yang beginian. Karena ada sedikit keinginan yang tersirat di diri gue untuk bisa masak. Nah, waktu Chefnya kelar memasak. Celemek udah dilepasin dan masakan sudah dihidangkan. Gue mulai ngiler. Ya Allah, godaan banget. Ini bukan tentang masakannya sih. Yah, gimana ya, yang masak Chef Marinka begitu apa gue sanggup yak ngelihatnya. Belum lagi ada Chef Farah Quin. 

Begh... Tobaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat!

"Tulisan ini diikutsertakan dalam Best Article Blogger Energy".

Comments

  1. Nakal. Satu kata yang mewakili isi artikel. Air kencing sepupu harusnya disensor!

    Overall, cukup ngenes. Mengingat kamu yang biasanya mengumbar nafsu, harus berusaha menahannya. Semoga di bulan suci, kamu bisa mengurangi berkata-kata kotor. Biar kamu bersihan. Kalau sekarang kamu bersihan, berarti kemarin apa namanya dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begh tobaat. Apa apa pake disensor. Kayak KPI aja ya. Okelah :D

      Delete
  2. Hehehe... kasihan kamu ya. Tahun lalu aku pernah tuh 10 hari di bulan puasa pertama tanpa kemana-mana. Ke teras rumah aja nggak. Tapi aku nggak bosen. Dasar aku anak rumahan ya?
    Ngenesnya ya cuma itu, nggak bisa ngemil kalau siang dan sore. Tapi aku juga setuju, moment yang paling aku suka adalah kumpul keluarga. :') syahdu yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku mah begitu orangnya.
      HAhahaha
      Aku juga anak rumahan sih

      Delete
  3. ya itu laaaa ada enaknya juga kalau lagi puasa, yang gak enaknya itu ketika perut sudah merasa keroncongan tetapi magrib belum kunjung berkumandang :D *apasih*

    enaknya bulan puasa juga bisa beli baju bedug *yeeeeeee *hihi

    ReplyDelete
  4. absurd tulisannya, emang biasanya banyak acara berbuka, ngumpul bareng temen-temen terus berbuka bersama, mainstream. Tapi gpp lah, kapan lagi bisa ngumpul bareng temen-temen. Justru gue kalo bulan Ramadhan suka nonton acara masak-masak, seru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru ngeliatin Chefnya sih bro ahaha

      Delete
  5. Ayok serukan #SeruanTidurSelamaBulanPuasa. Eh tapi jangan lama-lama amat yak, secukupnya saja hehe ^^
    Gue lebih suka ngumpul sama temen pas lagi momennya bukber, yaa bisa nostalgiaan gitu, dan bisa ngulangin lagi keceriaan sama temen-temen.

    Kalo lagi nunggu bedug/sirine dari mesjid yang sering disebut ngabuburit, serunya tuh nonton acara masak-masak. Tambah ngiler deh *ngelapiler*

    ReplyDelete
  6. asik bentar lagi bulan puasa

    gapapa ko bang godaan nya itu bisa ditahan sama kegiatan lain . terus jgn nntn acara masak bang apalgi chefnya farah quin bakal menang dah godaan lu bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aahhahaha jangan diperjelas gitu dong
      Oke deh

      Delete
  7. Makannya umat islam ada bulan suci ramadhan buat melatih kita dari hawa nafsu dan makruh. Supaya kita nggak terbiasa nafsu-nafsuan. Eh ngomong apaan iya gue Zzzzz

    ReplyDelete
  8. Tidurnya oorang puasa termasuk ibadah itu kayaknya sanadnya lemah bang , . jadi belum boleh kalo ditelan mentah2 . . hahahaa . .
    Tapi bisa dijadiin alibi juga sih kalo kita mager waktu bulan puasa . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. tau deh, tapi banyak yg bilang itu sih :D

      Delete
  9. jangan-jangan lihat serial marjan yg stripping di setiap tv langsung nenggak ludah :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya begitu. iternetan juga godaannya lebih besar sih. gimna dong?

      Delete
  10. banget tuh kaka. apalagi klo iklan minuman pas siang bolong. ampun dah hahaha

    ReplyDelete
  11. kalau puasa udah pasti sekali dua kali bahkan ada yang tiap hari bukber alias buka bersama , dari jauhjauh hari udah dijadwalin supaya nanti ada bagian yang booking tempat makannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Biasanya sokongan gede buat ngelahap semuanya (baca; all you can eat)

      Delete
  12. Mending nnton TV'a kurangin aja mas ganti sama tadarus :)

    ReplyDelete
  13. Tidur orang yang berpuasa berpahala jika diniatkan untuk beribadah kepada Allah :)

    ReplyDelete
  14. Wohooooo! Ayo tidur massaaal! Tidurnya berjamaah, biar pahalanya 27 derajat. ._.

    Ah, cemeeen. Sama Farah Queen aja lemah. Hahaha. Semangaaat! Kak Hadi pasti bisaaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah kuat anunya kalau lihat Farah Qween, dek. Iya anunya. Muehehehe

      Delete
  15. ane juga ngomongin Ramadhan gan di blog ane :v

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Popular posts from this blog

8Share Indonesia Alternatif Mengumpulkan Duit di Internet

Cara Paralel Propana Reload ke Jabber

Decolsin Solusi Flu Batuk yang Menyebabkan Kantuk