Memperkenalkan: Long Distance RelationSICK

Long Distance RelationSICK

Katakanlah ini adalah debut pertama gue. Jadi selama satu bulan terakhir, gue sudah mulai majangin widget tentang karya gue ini. Judulnya Long Distance RelationSICK. Buku ini sudah bisa dibeli di toko buku online maupun reguler, dan dibandrol dengan harga hanya 38k. Jadi lo bisa mulai nabung sehari seribu perak untuk beli novel ini di bulan depan. 

Novel ini menceritakan tentang kisah cintanya Minggu dan Ciska. Kenapa namanya Minggu? Sebenernya gue kekurangan stok nama. Menurut gue lagi, nama Minggu ini unik. Keren aja. Waktu menulis naskah ini, gue ngebayangin sosok Minggu ini seperti Ringgo Agus Rahman versi remajanya. 
Ringgo Agus Rahman
Karena menurut gue orang ini random abis. Lebay juga, dan suka ngerayu cewek. Tipe cowok yang gentle namun juga rapuh.

Minggu ini punya cewek namanya Ciska Adinda Putri. Buat yang belum kenal, gue beberin kalau gue kerja di sekolahan. Nama Ciska ini gue ambil dari salah satu nama murid gue di kelas satu. Seluruh nama tokoh yang ada di novel ini gue ambil dari nama siswa-siswa gue sih. Seperti Ifrani Salzabila, Bumi Gashany, Ages Ayu Sawalet,  juga Muhammad Karen, kecuali Haris dan Minggu. Nama Haris emang gue ambil dari namanya  +Haris Firmansyah, lagipula peran Haris di novel ini hanya sebagai kameo. Dan satu lagi nama Devi, gue ambil dari nama bibi gue.

Behind the scene:
Gue menulis naskah ini bersamaan dengan menulis skripsi gue. Tadinya gue nggak punya pemikiran gila untuk menerbitkan buku meskipun hasrat terdalam itu ada. Karena pada waktu itu gue lagi skripsi yang tak kunjung acc. 

Gue bukan tipe orang yang bisa mendua. Jadi mana mungkin gue bisa nulis skripsi dan novel dalam waktu yang bersamaan sekaligus. Pada waktu itu September 2014 akhir, skripsi gue baru tujuh puluh lima persen. Semnetara itu, gue ngerasa nggak bisa mengejar target untuk wisuda di bulan Oktobernya. Gue pun gagal ikut wisuda bareng temenp-temen angkatan gue. Rasanya sedih banget. Tapi kesedihan itu segera menghilang dengan tekat. Gue harus nyelesain naskah ini. Karena gue merasa menulis novel ini lebih menyenangkan dibandingkan skripsi. 

Nopember awal gue kirimkan naskahnya. Di bulan November ini gue nggak ada nulis lagi. Karena ngelanjutin skripsi. Alhamdulillah, akhir Desember atau awal Januari, tepatnya gue lupa. Gue dikabarin kalau naskah gue diterima. Lo tau rasanya gimana? Tubuh gue rasanya enteng, Gais. Gue jadi berasa pengen ngefly meskipun nggak sedang ngeganja. Kata teman gue kalau lagi ngeganja bawaannya kayak ngefly sih. Tapi gue cukup dengerin kabar naskah diterima penerbit aja, gue udah bisa ngefly. Bahagianya luar biasa. Sore itu gue nyari nyokap gue. Gue tubruk aja nyokap yang lagi narikin pakaian dari jemuran. Refleks saking senengnya. Sujud sukur banget pokoknya. 

Alhamdulillahnya lagi. Selang beberapa hari setelah kabar bahagia itu. Skripsi gue dapat rekomendasi untuk maju ke sidang. Gue mengantongin dua kebahagiaan di satu bulan yang sama. Namun gue sidang baru terlaksana bulan Maret. Karena menurut pihak kampus, angkatan gue tinggal sedikit, jadi nunggu pendaftaran dari adik tingkat gue. Dan di Maret itu gue sidang, di Maret juga gue dinyatakan Sarjana, di Maret itu pun juga, gue pertama kali dapat kiriman cover bakal novel gue. 

Masya Allah. Terharuuuu abis. Rasanya mungkin kayak seorang bapak yang baru saja melihat anaknya yang baru lahir dan senyumin ke dia. Bawaannya pengen ngazaniiiiiin aja. Lalu merapal doa, "Semoga kamu bisa berguna untuk banyak orang, Nak. Aamiin." 

Long Distance RelationSICK
Ini menceritakan tentang Minggu yang menjalin hubungan jarak jauh dengan Ciska. Waktu menulis bab-bab awal, gue cemas.  Karena waktu gue baca lagi, malah mirip ceritanya Kambing dan Kebo yang dibikin Raditya Dika. 

Gue berpikir banget gimana caranya biar terlihat beda. Maka ada gue masukin adegan sang pacar nguber pasangannya buat nikah, padahal usianya masih muda. Novel ini berkisah sejak tokoh lulus SMA hingga menjelang tamat kuliah. Bagusnya malah subkonflik yang itu justru mengalirkan ide-ide yang lain hingga naskah ini selesai dibikin. 

Genre
Gue sih pengennya menyebut ini sebagai teenlit yang dibubuhi dengan bumbu-bumbu humor. Namun pada blognya penerbit yang beralamat di medpressfiksi.tumblr.com, buku ini masuk ke dalam personal literature. Semoga gue nggak salah kalau menyebut ini komedi. 

Pesan yang ingin disampaikan
Gue cuma pengen mengalihkan isu aja. Karena dewasa ini banyak banget anak muda atau kawula muda yang  bilang kalau jomblo itu identik dengan sesuatu yang ngenes. Makanya hadirlah novel ini. Dengan harapan supaya orang-orang itu bisa melek aja, lalu sadar bahwa yang ngenes itu bukan hanya orang yang jomblo kok. Buktinya ini ada Minggu, orang yang berpacaran tapi juga ngerasain ngenes.

*** 


Jadi ini buku emang ditargetkan untuk lo yang ngakunya anak muda. Atau orang dewasa yang punya jiwa muda. Dengan membaca buku ini lo bakal ngerasain bagaimana enak juga nggak enaknya menjalani LDR. Hingga akhirnya lo sadar kalau LDR sakitnya tuh di sana-sini. 

Grab it fast!

Comments

  1. Pas baca postingan ini, buku lu nangkring di sebelah gue nih. Masih otw bacanya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak Selvia. :) Ditunggu kritik dan sarannya. Semoga suka. semoga menghibur. Aamiin.

      happy reading

      Delete
  2. Wah nama nya terinspirasi dari seorang artis juga yaa :D
    kereen2, jadi pengen beli bukunya tuh ,,
    Sukses mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah gak kok. Namanya mah biasa aja :D

      Delete
  3. Setelah baca ini pengen nerbitin buku juga, tapi naskah belum ada huuaa -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin aja bikiiin. Oh butuh referensi? Nah, pas kalau gitu hehe

      Delete
  4. Di sini, kamu pas, Tang. Gak terkesan maksa pembaca blog kamu untuk beli. Ya memang judulnya hanya memperkenalkan aja. Tapi mereka yang mengerti pasti dengan tulus akan memboyong debut kamu ini ke kasir. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe begitu ya ris. Wah, semoga mereka pada peka deh :D Aamiin

      Delete
  5. Nulis sambil ngrjain skripsi.
    dan setelah semuanya selesai dapet hasilnya, buku diterima skripsi juga.
    Saya iri, ceritaku nggak selesai-selesai sampe sekarang.


    Bener nih, banyak banget yang ngatain jomblo padahal yang pacaran juga belum tentu baik nasibnya.

    soal bukunya, mungkin akan saya lihat kalau memang lagi ingin ke gramed lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak. Semoga buku ini menginspriasi kamu ya, dan segeralah menyusul :D

      Delete
  6. Wah jadi kepengen bikin novel sendiri :v tpi tulisan masih ancur, amburadul :v
    Bukunya udah ada di semua gramed di indonesia kah? Kalo iya nanti mau beli

    ReplyDelete
  7. Kenapa ngga sekalian aja ambil nama hari selain Minggu,
    Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu,
    Terus tambahin nama belakangnya Rabu Wage, Jumat Kliwon hehehe

    Maaf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lain kali deh Di. Hhahaha

      Dimaafin kok

      Delete
  8. Waaaah ternyata yang nulis buku long distance relationsick itu anak BE . kemarin waktu gue jalan jalan ke toko buku, di pekanbaru, gue udah ngelihat buku lo di pajang bg. Mungkin nanti kalau gue ke toko buku, gue baklan beli tu buku. Bg, minta tips dong biar bisa nulis buku. Bikin satu postingan atau apa gituu. Yah..yah...

    ReplyDelete
  9. Waaaah ternyata yang nulis buku long distance relationsick itu anak BE . kemarin waktu gue jalan jalan ke toko buku, di pekanbaru, gue udah ngelihat buku lo di pajang bg. Mungkin nanti kalau gue ke toko buku, gue baklan beli tu buku. Bg, minta tips dong biar bisa nulis buku. Bikin satu postingan atau apa gituu. Yah..yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang banget kenapa gak diambil. Bilang aja disuruh gue gitu hehe

      Delete
  10. Oke, gue tertarik, tapi bukan sama lu, gue masih straight, maaaan !!! Hahaha

    Berapa nih harga buku? Gue pengen beli. Langsung gue masukin ke daftar buku yang pengin dibeli dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha abang mah :D sini pangku bang

      Harganya 38k. Aseeek

      Delete
  11. di Gramedia ada kah? kok aku nggak pernah ngeliat ya. apa karena aku jarang main main ke gramedia lagi -___-

    dari pesan yang disampaikan sih, keliatannya bagus yak. Jadi pengan beli ah.. Oh iya, selamat buat bukunyaaa. ekstensi blogmu keren tuh. .ml hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Kuh. Hehehe ayo main deh. Nama belakang kita sama ya.

      Delete
  12. Gue udah baca bukunya nih haha keren euy konfliknya. tapi komedinya agak kurang ya haha tp overall keren kok. Gak ngebosenin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak atas apresiasinya Doni

      Delete
  13. Oww, perjalanan pembuatan bukumu ini, karena hasil kegalauan gak di ACC skripsi. Keknya kasus yang sama dengan gue. Mungkin, bedanya gue cowok, elu... XD

    Agak heran, sih. Kenapa karakter Haris di buku ini, begitu terlihat di mana-mana. Meskipun gak selalu ada.

    Ow, ya. Kenapa gak ngadain Giveaway, kan lumayan bisa dapet gratis.... Promosi gitulah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue cowok kok?
      Ini gue gak ngerti maksudnya apa sumpah.

      Oke gue pertimbangkan dulu

      Delete
  14. keren bukunya, dapet dua kabar bahagia dalam satu bulan gimana rasanya? Pasti bulan Maret menjadi bulan bersejarah. Dari covernya pasti isinya bagus, gue jadi pengen beli bukunya. Gue mesti ngumpulin uang nih, semoga bisa nerbitin buku lagi, eh tapi gue belum pernah nerbitin buku, boleh bagi tipsnya nggak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo nabung. cuma 38k kok hehehe
      ditunggu reviewnya kalau udah punya yak :D

      Delete
  15. Jadi ini promo buku kamu, di? Untuk aku gratis dong yayayaya???? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengennya aku sih gitu kak. Ngasih ke orang2. tapi ya :(

      Delete
  16. jadi penasaran dengan isi bukunya kang. apalagi baca komennya kang doni di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh ayo kang ambil aja di tokobuku. :D

      Delete
  17. lagi prosew baca.... :) selamat ya lahirannya. Anaknya sehat... dan suaranya lantang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiiik. Ditunggu revienya Vindy :D

      Delete
  18. Aku suka kovernyaaaa.

    Novelku juga tema LDR nih, kita kompakan. Tapi rencana terbitnya bulan Juni. (Nebeng promo)

    Sukses, brad!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya kah?
      Semoga makin solid ya do

      Delete
  19. Kak Hadi, kalau kirim naskah novel kemana sih Kak? Aku udah bikin beberapa tapi bingung kirimnya kemana? Terimakasih infonya
    Btw tar aku jalan ke gramedia cari bukunya kakak..semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke universalnikko aja. Lagi reborn tuh. Gih kepoin akun twitnya @universalnikko

      Delete
  20. Weii, kereeeeen :)
    Gue juga lagi ngerasain hal yang sama ni sama lo. Gue nulis naskah sama ngerjain skripsi. Tapi naskah udah kelar, skripsi belum kemana-mana.
    Ada saran buat ke penerbit, gak?

    Btw, selamat ya buat buku Long Distance RelationSICK nya. Semoga laku keras :)

    ReplyDelete
  21. Pelarian dari skripsi bisa jadi buku. Keren, Bang.
    LDR mah emang kagak enak. Buahahahaha.
    Hmm, nanti gue beli bukunya kalo udah gajian. Halah kerja kagak mau gajian. -__-
    Makanya doain gue segera dapet kerja, ya! Aamiin.

    Wah, kayaknya gue juga harus bikin karya pertama deh. Blogger udah banyak yang nulis buku. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gih bikin gih bikin gih bikin!

      Delete
  22. Wuah proses yang penuh makna ya.

    Gue penasaran deh...
    seunyu apa bukunya.. udah buruan kirim ke rumah gue plus tanda tangannya. :D

    ReplyDelete
  23. Jadi sebenernya buku ini adalah pelarian dari skripsi yang nggak di acc. Wih, pelarian yang produktif. Keren juga behind the scene nya. Udah lama gue pengen baca kisah-kisah perjuangan penulis untuk menerbitkan karyanya.
    Semoga ini memang menjadi debut. Jadi bisa ada buku kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya. Aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul.
      Aamiin. Makasih udah didoain ya

      Delete
  24. Bener-bener deh. Proses lahirnya buku ini penuh makna banget.. Dan pertamakali lihat covernya, gue memang udah menerka-nerka kalau genre novelnya itu juga teenlit. Hehe. Berhubung gue lumayan suka cerita yang cinta berakhir ngenes2 gitu, jadi ke pengen baca nih. Kalo jodoh insya allah di beli deh. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciye.
      Ceritain ya kalo udah jadi beli

      Delete
  25. Whaaaa!! bagaimana yaaa rasanya kalo mendapat kebahagian 2 sekaliguuuss?? Dibahagiain cewe aja belum .. huft.

    Gilaaakk! covernya keren abiiiiiss! nulis naskah berapa lama niihh? pasti kerenn nih gue pengen beliii plzzz pake uang ts dulu deuh.. nanti dibalikinnn :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus beli. Biar aku tambah bahagia

      Delete
  26. Pas banget nih. Bulan ini ada beberapa temen aku yang menjalani LDR. Dan kayaknya kalo mereka baca buku ini bisa ngerasain penderitaan si tokoh utama juga.

    Disini nggak ada gramedia, mau beli di toko online belum tau caranya. Nanti deh nunggu beberapa bulan lagi mau hijra ke kota yang lebih besar. Semoga pas mampir di gramedia masih ada bukunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciye yg LDr.
      Semoga gak sick ya

      Delete
  27. Gue juga pengen tuh nerbitin buku... Tapi kemampuan nulis gue masih kurang kayanya... Bbbffff...

    ReplyDelete
  28. Wah. Selamat ya... Semoga gue cepet menyusul. Amin... Btw, sukses buat semuanya!

    ReplyDelete
  29. Wah selamat, anak pertamanya udah lahiran. Semoga temen2 yg lain bisa nyusul. Aamiin.

    ReplyDelete
  30. Wuiiii..
    Keren ....
    hebat ...
    (Y)

    ReplyDelete
  31. Pas gue baca nama Minggu, gue kira itu nama hari. Jadi, kayak menceritakan gagalnya pertemuan si Ciska ini sama pacarnya tiap hari minggu. Pas baca dibawahnya baru paham. Hahaha.

    Tapi itu seriusan ninggalin skripsi cuma buat bikin naskah buku? -_- Gak gitu juga kali, bang -_- Tapi selamat yaaa :D

    Eh, iyaaa. Soal endingnya, bener-bener pesan yang patut diingat semua orang. Wkwkw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gitu. Gak bagus dicontoh ya

      Delete
  32. Gue pikir tadi ini tulisan review bg Hadi tentang novel Alit Susanto. Ternyata promo buku bg Hadi sendiri. Perbedaannya Alit Susanto pake "Shit" kalo bg Hadi pake "Sick". Semoga bisa menelurkan novel kedua lagi yang pake kata "Sick".

    Gue udah lama gak ke Gramedia, jadi gak tau perkembangan buku baru. Duh member BE keren, banyak yang udah nerbitin novel karangannya.

    Novel gue diterima november 2014, sama editor medpress, tapi diterbitkan sama penerbit Cakrawala. Alhamdulillah sekarang udah ada di Gramedia. *promo colongan*

    Boleh tu bg adain GA, sapatau ntar bakalan direview di blog :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang banyak buku yang temanya LdR kok yu
      Hehe iya nanti ya

      Delete
  33. keren men LDR, tapi gue nggak pernah ngerasain duka citanya jadi LDR, tapi sakitnya melihat mantan dan pacar barunya setiap hari di sekolah itu lebih menyakitkan, dan gue berhasil melewatinya karena gue udah move on, baca disini cerita move on nya disini Isya Nur Bachtiar jadi promo wkwk

    ReplyDelete
  34. Personal literature itu ya berarti berdasarkan pengalaman pribadi kamu gitu :3
    Ya buku komedi bisa aja personal literature (non-fiksi) atau fiksi :D

    Btw, congrats ya! Semoga laris manis dan menghibur :)

    ReplyDelete
  35. Waaaaa congrats, ya. Dari dulu pengin banget bikin buku. Tp mentok sampai di (ingin).

    Mampir juga, ke agenrizal.com

    ReplyDelete
  36. Wooow nulis novel disela sela skiripsi. Ini keren. Baca cerita ini, nulis novel berasa kayak nulis artikel. Gampang banget. Padahal gak kepikiran, eh malah jadi. Jam terbang udah tinggi ini mah

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Popular posts from this blog

Cara Paralel Propana Reload ke Jabber

Decolsin Solusi Flu Batuk yang Menyebabkan Kantuk

Kamus Bahasa Linggau