5 Buku Paling Berkesan

Ada yang bilang buku adalah gudang ilmu. Mungkin yang bilang seperti itu, orangnya sering banget menemukan pelajaran-pelajaran berharga. Ada lagi yang bilang buku itu adalah jendela dunia, dengan analogi seperti ini yang ada di kepala gue, orang yang mengartikan buku sebagai jendela dunia karena doi jadi mendadak melek. Bukan karena pergi kelayapan dari kafe ke kafe, melainkan doi sering baca buku yang doi suka. 

Untuk itu, dalam kesempatan ini gue pengen membeberkan lima buah buku yang paling berkesan menurut gue. Sebelumnya gue ucapin selamat hari buku. Ayolah mulai sekarang sering-sering baca buku. Karena membaca itu penting banget. Gue juga nyesel kenapa nggak dari dulu hobi baca. Beneran, gue bukan tipe laki-laki yang suka baca. Tapi gue tipe laki-laki suka mencintai. Halah. 

Gue mulai mikir-mikir lagi buku apa-apa saja yang pernah gue baca. Padahal ngebaca aja baru segelintir. Pas buka lemari buku. Gue ambil judul ini sebagai buku yang memberikan gue kesan. 

KATA HATI

katahati
Kata Hati - Bernard Batubara

Gue sudah agak lupa isinya apa. Yang jelas ini buku mengambil setting di Jogja. Kalau nggak salah tokoh cowoknya bernama Randi. Dia galau banget gegara Dera, seorang cewek yang udah dipacarinya selama 5  tahun gitu. Si Dera diceritakan selingkuh yang kemudian membuat Randi galau. Biarpun begitu Dera enggan ngelepasin Randi. Terbukti dengan getolnya Dera masih usaha ngedeketin Randi, padahal Randi udah mengenal cewek lain yang bernama Fila. Hal ini yang bikin Randi galau mau milih siapa. Di satu sisi cintanya belum kelar sama Dera, tapi di sisi lain dia juga bahagia dengan kehadiran Fila. 

Jika gue ada di posisi itu, sepertinya gue juga bakalan dilema sih. Kalau lo gimana? 

Kenapa gue terkesan sama buku ini? Karena ini adalah buku satu-satunya, juga buku pertama yang berhasil gue baca sampai selesai dalam sekali duduk. Gue tegasin sekali lagi, gue bukan tipe orang yang suka baca. Jadi membaca buku sekali duduk itu rasanya wow banget. Selain isi ceritanya yang ringan, tiap adegannya juga disajikan dengan seru. Serunya lagi, nggak lama setelah kelar gue abisin nih buku, langsung diadaptasikan ke layar lebar. 
***

Berikutnya, buku yang membuat gue terkesan adalah:

KEI

Kei - Ernie Aladjai

Ini buku baguuuuuuuuuuuuuus banget. Serius. Gue rekomenin ini buku buat lo semua yang doyan baca buku tapi bingung pengen baca buku apaan. Gue dapet buku ini secara gratis, di tahun 2013 lalu. Pada waktu itu lagi ada event GagasDebut dari Penerbit Gagas Media. Dan gue bersama +Rido Arbain  - teman gue di Geng Writers Block - terpilih sebagai salah satu host yang bertindak di program Blogtour. Gue ditugasin untuk ngereview buku itu. 

Yang bikin gue terkesan, buku ini menceritakan tentang kisah cinta anak muda yang beda agama. Selain itu juga, dalam buku ini ada bubuhan etnik, karena menggunakan setting di pulai KEI, di Maluku sana. Jadi, dikisahkan ada perang adat di pulau KEI dengan beberapa adegan yang menurut gue terasa nyata tergambar di kepala waktu gue baca. Penuturannya lugas, dan memang memesona.
“Kita diciptakan berpasang-pasangan! Satu lelaki untuk satu perempuan. Kalau lebih, berarti kita serakah.” – Hal. 213
Itu salah satu kutipan yang paling gue suka. 

**** 


JOMBLO 


Review Buku Jomblo Adhitya Mulya
Jomblo - Aditya Mulya


Yang bikin gue terkesan sama buku ini, karena Kang Adit membuat empat tokoh yang ada di dalam cerita dengan penuturan yang tidak njelimet. Agus, cowok yang punya keriteria ribet dalam mencari pacar. Olip, cowok pemalu yang hobi banget jadi secret admirer. Doni, cowok ganteng yang gampang banget ngajakin cewek "gituan" (baca domain gue). Yang terakhir Bimo. Njir, yang ini mending nggak usah dijabarin aja deh. Hikss. Nggak tega. 

Gue juga terkesan sama covernya yang putih, kece lah itu jika dibandingkan dengan buku terbitan sebelumnya. Jujur, gue sama sekali belum pernah baca buku terbitan pertama. Jadi gue agak bingung juga, dengan  apa yang ditulis oleh Kang Adit di Prakata Penulis. Tapi setelah gue kepo ke sana sini, ternyata ini adalah proses pendewasaan. Sebut saja begitu. Intinya ada adegan yang dulunya vulgar, diganti jadi soft. Gitu kali ya. Apalah-apalah, gue juga nggak ngerti. Hanya saja, gue ngerasa ada adegan yang miss, di obrolan Agus sama Lani yang... Ehek-ehek. 

*** 

Selanjutnya

3 KOPLAK MENGEJAR CINTA

3 Koplak Mengejar Cinta - +Haris Firmansyah 


Dari semua buku buatan Haris Firmansyah, ini adalah buku yang menurut gue paling berkesan di diri gue. Buku jenis komedi yang dibubuhi nilai agama. Tadinya gue agak cemas. Takutnya nggak lucu. Karena, sulit bagi gue yang emang nggak suka baca ini untuk menemukan bacaan yang benar-benar lucu. Soalnya gue pernah baca buku komedi, gue sambil chatingan, eh gue malah ketawa sama obrolan gue dibandingkan dengan lawakan yang ada di buku.

 Terakhir gue sadar, setelah nerbitin Long Distance Relationsick sih, ternyata melucu atau membuat orang-orang ketawa itu beneran nggak mudah. Butuh feel, butuh sentuhan dari hati, butuh kenaturalan, dan butuh perenungan. 

Balik ke buku ini, dramatisnya tentu saja ada, karena sebuah cerita kalau nggak ada drama-dramanya tuh nggak seru. Walau gue nggak suka drama sih. 

*** 


Terakhir


MISS LEBAY: MISS TIK

miss lebay
Hilman dan Ceko Spy

Ini buku pecah banget. Dengan tokoh yang punya nama Aurel, si ketua Geng Lebayers. Miss Lebay ini tadinya adalah serial yang ada di Tabloid Gaul. Sedangkan Miss Tik, adalah buku kedua yang diterbitkan Hilman dan Ceko Spy. Membaca buku ini bikin gue berusaha banget untuk bersabar. Karena tokohnya emang ngeselin, ngegemesin juga, tapi di sana lah letak lucunya. 

Kalau kata penulisnya, buku ini merepresentasikan cewek-cewek zaman sekarang yang lebay, narsis dan pengen eksis, juga calon selebritis.

*** 

Itulah tadi lima buku yang berhasil membuat gue merasa berkesan. Selamat hari buku. Selamat membaca. Jangan lupa untuk membeli buku debut pertama gue. 

Salam.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Best Article Blogger Energy. 


Comments

  1. Miss Lebay ketemu 3 Koplak bakal gimana jadinya ya? Hahaha.

    ReplyDelete
  2. Btw, Jomblo sebelum revisi, kelam banget. Hohohoho.

    ReplyDelete
  3. aku jadi tertarik sam yang Kei itu. Budaya banget kayanya ya? Etnik begitu. Itu kudu dipelajari gimana proporsi menulus budaya dibuat novel supaya terkesan alami

    ReplyDelete
  4. Punyanya bang haris belum beli...
    Maafkan daku bang :v

    ReplyDelete
  5. Semua buku yang telah di sebutkan di atas, aku belum pernah baca :(

    ReplyDelete
  6. Yang menarik dari segi cover si jomblo had

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaaa hebaat si hadi dah bikin long distance relattionsick,.?gemeeessss knapa aku ga ngiirim2 ke pnerbit..huhuhu

      Delete
  7. wahh teemlit semua ya . . apalagi ada bukunya bang Haris lagi, wahh nepotisme review ini . . hahaaa . .

    baca bukunya bang Fredy S dong . . bukunya keren2 lo . . hahaa . .

    ReplyDelete
  8. Yang Kei sepertinya keren

    plotnya juga luas kayaknya sampe bawa perang adat.


    selebihnya kayaknya banyak yang bertema komedi ya

    ReplyDelete
  9. pengen dong membaca ke 5 buku itu :( aku belum tahu semua ceritanya ..

    ReplyDelete
  10. Pengen ngebaca buku yang ada diatas, tapi dompet menipis vroh -_-

    ReplyDelete
  11. jadi pengen membaca buku -buku itu :)

    ReplyDelete
  12. Banyak banget deh yg nulis buku favorit, alias persaingannya ketat banget. Semoga menang deh

    Aku belum pernah baca buku itu semuanya, soalnya menarik jadi pingin baca. Kalo pinjem boleh gak?

    ReplyDelete
  13. Kata hati, gue belum pernah baca bukunya, tapi gue udah pernah nonton filmnya, cerita-cerita emang bener-bener ngena banget, gak terlalu romantis juga, tapi feelnya dapet.

    kalau jomblo juga sama gue belum pernah baca bukunya. hehehe. tapi lagi-lagi gue udah pernah liat filmnya sama the seriesnya, cerita jomblo yang di perankan oleh ke empat cowo ini, emang bener-bener bikin ngakak, dangen di bumbui tentang cinta dan dunia perjombloannya.

    ReplyDelete
  14. Wah, bener-bener buku anti-mainstream semuanya. Sayangnya dari 5 buku itu belum pernah baca sama sekali. Jadi bingung mau komen apa. Eh iya, itu buku jomblo isinya curhatan penulisnya ya ?? :D
    Moga-moga menang best article ya..

    ReplyDelete
  15. jujur dari kelimanya nggak ada yang gue tau. payah memang gue ini -___-
    tapi jujur juga, gue tertarik sama buku pertama. kata hati, apalagi setting di jogja. gue bakal.... ngeflashback masa-masa perpisahan smp banget tuh kalau baca

    dan.. si dera itu kayaknya ngekiin amat. udah selingkuh, nggak mau ngelepas lagi. cewek macam apa dia!!!

    ReplyDelete
  16. kok gue nggak pernah baca semuanya yaa hehe. tapi kalo yang kata hati, gue tahu jalan ceritanya soalnya gue lihat dari adaptasi film nya.

    terkadang kalo baca buku komedi yang nggak lucu itu garing banget yaa. kita kan berharap beli buku komedi supaya bisa terhibur, tapi kalo nggak lucu yaa mau gimana. tapi emang bener sih kata lo, menulis komedi itu emang nggak gampang.

    good luck buat best article nyaa

    ReplyDelete
  17. Dari kelimanya aku belum pernah baca dan belum pernah lihat di toko buku di kotaku. Maklum lah, kota kecil hanya ada toko buku kecil yang enggak lengkap isinya. Nyesek banget, rasanya pengen bangun toko buku sendiri. Yang kecil dan enggak lengkap juga isinya.

    ReplyDelete
  18. Kelima bukunya kyaknya mantab semua
    Lha buku karyanya kok gak dimasukkin list mas?

    ReplyDelete
  19. gw jaman sma baca buku jomblonya adhitya mulya, malah dijadiin buku kitab suci klo di tolak hihi

    ReplyDelete
  20. Diantara semua buku yang ditulis diatas, gue belum pernah baca. Mungkin karena gue ga terlalu suka genre komedi kali yak. :)

    Tp ada sih satu buku komedi yg gue suka, bukunya Indra Herlambang yang Kicau Kacau. Itu buku menurut gue keren abis!!!

    ReplyDelete
  21. Wah jadi tiga koplak itu bukumu ris? Salute! Iya tuh gue juga udah mengendus kekeran dari buku Kei (walaupun belum baca). Hehehe.

    ReplyDelete
  22. ke-5 buku diatas semuanya menarik

    ReplyDelete
  23. itu yg buku kata hati dari bang bernard batubara recommended banget. dia kan penulis yg keren tulisan tulisannya. Itu kisahnya randi jadi mirip aku banget deh :v dan kutipan buku KEI itu ngena banget rasanya recommended jg buat dibaca. Soalnya widya emang seneng baca buku yg pnya banyak kutipan bagusnya.

    ReplyDelete
  24. Blogwalking http://www.zafarsitinjak.blogspot.com Salam Kenal :)

    ReplyDelete
  25. Buku gue udah terbit di KUA. Lo gamau baca?

    ReplyDelete
  26. yang buku 'Jomblo' kayaknya asik juga tuh

    ReplyDelete
  27. Long Distance Relationsick donggg :P
    Btw, gue udah punya bukunya loh, pak! #lapor

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Popular posts from this blog

8Share Indonesia Alternatif Mengumpulkan Duit di Internet

Decolsin Solusi Flu Batuk yang Menyebabkan Kantuk

Cara Paralel Propana Reload ke Jabber