Doa Nyokap Emang Mujarab

Gue kemarin disengat tawon. Gegaranya ada sangkar lebah di genteng rumah, deket jendela kamar orangtua gue. Udah selama semingguan ini Nyokap sering ngomel, agak cerewet juga, sorry to say kayaknya ngeganggu gue banget.

Sarang Tawon
Nyokap nyuruh gue ngebakar itu sarang tawon. Begh. Gue ambil kain kecil. Bodohnya gue, kainnya kurang banyak. Jadinya apinya juga kurang besar. Tawon-tawonnya pada semaput doang, dan kagak mati. Dengan kata lain, mereka emang pada rontok, namun cuman keliyengan, gitu. Beberapa malah masih ada yang berhasil terbang kian ke mari.

Tau-tau, gue ngerasa ada satu tawon yang menclok ke pinggang kiri gue. Gue mulai was-was. Tapi gue tetep asik ngebakarin. Nyokap di belakang gue, agak jauhan dikit sih, malah terdengar makin cerewet. Maksudnya mau bantuin sih, tapi guenya malah gondok. Duh, dosa gue. 

Singkat kata, gue gerakin tangan kiri gue ke arah pinggang. Pengen mites tawon yang ada di pinggang gue ini. Gue lupa kalau tawon itu nggak kayak capung, yang cupu, nan penakut. Dan, seketika itu juga, gue kena sengat, Coy. Bayangin aja, cowok semanis gue, tersengat lebah, di dua titik lagi. Begh. 

Awalnya, gue ngerasain sakitnya kena sengat di telapak tangan kiri gue.  Kemudian, nggak lama abis itu, pinggang gue yang dulunya pernah membingkaikan perut yang nyaris sixpack ini, juga kena sengat. Begh. Makin kerasa sakitnya.

Gue kebetulan lagi ngobrol di BBM sama kawan jauh gue. Namanya +Dion Sagirang. Dengan polosnya, gue pun langsung cerita tuh. 

Njir, gw kena sengat tawon.  Sakit.

Sekonyong-konyong, gue nerima jawaban dari dia amat sangat nggak enak. Gue nelen ludah berkali-kali waktu membaca pesan dia. 

Bagus dong. 

Gitu. See? 

Oh mya god. Emang taek tuh anak.

Gue ternyata salah cerita ke orang. Kemudian gue memutuskan untuk cerita ke Bibi gue. Dari sini, gue nemuin, mana orang yang peduli, mana orang yang sering ngeledek doang bisanya. 

Masya Allah, cepat kasih minyak tawon.

Sayangnya gue nggak punya minyak tawon. 

Dan gue semakin ngerasain panas di pinggang dan telapak tangan kiri gue. Gue jadi ngerasa nggak pengen bernapas lagi, nggak pengen tegak berdiri. Pokoknya nano-nano, ngenes banget pokoknya. Saking panasnya, gue jadi kepikiran buat nyabunin bekas sengatan itu. Alhamdulillahnya, agak mendingan. Walau, rasa sakit itu masih ada. 

Kasih putik bunga aja. 

Bibi gue ngirim ke WA. Sepertinya bibi gue itu terlalu khawatir. Terus nanyain, di rumah gue ada bunga nggak. Gue jawab ada, bunga lidah mertua, asoka, dan kaktus.  Bibi malah ngakak. Pake kaktus aja, kemudian malah jayus. Oke, nggak apa, gue emang butuh hiburan. 

Coba diunyek-unyek sama rambut. 

Kali ini gue mikir lama. Gue ceritain ke Nyokap, eh Nyokap kayaknya mau aja nguyekin gue. Emang namanya seorang ibu itu, suka iba melihat anaknya kesakitan kali ya. Tapi gue nggak enak. Gue juga mikir, rambut Nyokap sependek itu, mana mungkin bisa nyampe ke pinggang gue. Gue memutuskan untuk naik ke kursi. Nyokap makin semangat buat ngunyek-ngunyek. Kali ini malah kayak banteng yang mau nyeruduk.

Pada akhirnya, gue nggak jadi minta Nyokap buat ngunyek-ngunyek gue. Selain gue takut geli, gue juga takut doraka.  Gue mah suka gitu orangnya. 

Nggak lama abis itu, Nyokap nyuruh gue ngambil minyak goreng untuk dituangin ke piring kecil. Lantas, nyuruh gue buat ngebacain Surat Al Alaq, Surat An Nas, dan Al Iklas, masing-masing sebanyak tiga kali. Gue yakin aja, ini bakalan berhasil. Sebelumnya kan juga udah gue sabunin, jadi panasnya agak berkurang, walau masih sakit. Gue juga sempat ngompresin pake es, dan ngolesin sedikit minyak aroma terapi yang ada roll on-nya.  

Setelah gue kelar merapal semua surat pendek itu tiga kali, Nyokap nyurut gue buat niup-niupin minyak goreng itu. Lalu gue disuruh buat ngolesin ke bekas sengatan. Ajaibnya, sakitnya jadi agak berkurang. Gue becanda-canda sama bibi gue, sesekalii ngakak waktu ada yang lucu. Begh. Berhasil, Coy. Gue sembuh. Padahal sebelumnya, rasanya gue kayak mau demam begitu. 

Dari sini gue yakin, bahwa kekuatan doa Nyokap itu benar-benar mujarap. Gue pun jadi semakin jatuh cinta sama Nyokap gue. Semoga ibu dari anak gue kelak kayak Nyokap gue ya. Aamiin 

Lo ada nggak sih cerita bareng Nyokap begitu?

Comments

  1. Kesian itu lebahnya, abis nyengat pasti mati. :(

    Kalo nggak punya minyak tawon, mestinya om Ntang ngecek tokopedia dulu, biasanya ada. tinggal pesen deh. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih untung Hadi yang nggak mati How. Hahaha..

      Delete
  2. Kalo gue sih pengen tau caranya nyembuhin luka dari sengatan tawon ga usah tanya sana sini, cukup googling aja, pasti ada jawabannya haha gitu deh kalo gue.

    Btw, sakitan mana digigit tawon apa di cuekin gebetan? hehe

    ReplyDelete
  3. Kebanyakan gaya si, sok-sokan jadi pembasmi sarang tawon. Anak laki nggak berotot aja yang beraninya cuma basmi rumah tawon pakai obor. Masih untung rumah nggak kebakar.
    Haduh kamu ini malah kelihatan nggak ada maco-maconya sama sekali.

    ReplyDelete
  4. doraka artinya durhaka baru tahu, hehe.. ternyata bahasa sunda. Aamiin, semoga bisa punya istri yang baik. Gue belum pernah disengat tawon, tapi kayaknya pasti sakit sekali, untung lu nggak demam, kalo demam kan nggak bisa blogwalking, hehe... :)

    ReplyDelete
  5. Sekalian diambil madunya had...
    pasti cenat cenut...ya dikiss tawon hahahagg

    ReplyDelete
  6. Eh, di. Sejak kapan lu jadi cowok manis. -_- Gula kali, manis.

    Kalo tersengat lebah itu, semprot pake minyak wangi aja. Paling itungan menit sembuh. Tapi, kalo pake kaktus, bagus juga itu. :D

    Karena gue udah tau obatnya dari Nyokap sama Bokap gue. Malah kadan ekstream banget. Gue disuruh mandi 7 kembang. :D

    ReplyDelete
  7. Ya gitu sih kadang nyokap nyinyir ngomel gitu bikin males dengernya.

    Kok bisa sih tawonnya bikin sarang dirumah lo ? Rasa perih disengat lebah sama diputusin itu lebih sakit mana?

    Ya udah semoga cepet sembuh ya..

    ReplyDelete
  8. Mungkin ada yg mau disampaikan sama si lebah....

    ReplyDelete
  9. Gw pernah juga di sengat lebah. Jadi pas baca postingan lo ini gw jadi ngerasa ngulu pas si lebah nempel di pundak lo. Bayangin jarumnya yg beracun itu nusuk. Lebih parahnya mirip jarum suntik. Kadang kyak digigit semut. Tapi karena itu lebah yg pantatnya aja ada yg kemerahan jadi terkesan geli plus ngilu ngebayanginnya lagi.

    ReplyDelete
  10. Gue blom pernah sih disengat lebah. Pernahnya tersengat kata-kata nyakitin dari mantan. Jujur, kayaknya itu lebih sakit deh :D
    Ternyata benar kata orang-orang tentang "Kekuatan Doa." Berkat baca post ini, besok-besok gue jadi tau kalo disengat tawon harus ngapain. Tapi, kalo disengat kata-kata nyakitin dari mantan, gue harus ngapain? :(

    ReplyDelete
  11. Anu... Kok kamu gak ngabarin saya sih setelah disengat lebah? Siapa tau saya bisa kasih saran buat kamu.

    ReplyDelete
  12. Emang deh, doa orangtua itu mujarab, makanya jangan ampe bikin mereka ngeluarin kata-kata yang membuat hidup lu sengsara, seperti nyumpahin lu ganteng atau punya pacar ._.

    Gue juga pernah disengat tawon dulu, waktu kecil, walaupun cuma di satu titik, tapi gue yakin lu gak bisa bayangin rasanya, tawon itu nyengat gue tepat di ... *sinyal hilang*

    ReplyDelete
  13. begitulah. kasih nyokap sepanjang masa....
    kasihan amat disengat tawon. makanya, pake minyak tawon dulu...
    tapi gue bisa bayangin bagaimana tawon itu mencolok tubuh lo. sepertinya cukup horror.

    ReplyDelete
  14. Gede juga ya sarang tawon. Dulu saya dan teman2 sering nyari sarang tawon, bayi tawon yang ada di dalam sarangnya bagus buat umpan mancing.
    salam

    ReplyDelete
  15. Wah bang kok gak bilang-bilang kalo disengat tawon? kamu sih bilang manis makanya tawon suka.. hahaha

    Harusnya ngaku pait bang pait.. Dulu waktu kecil aku mah gitu orangnya :D

    ReplyDelete
  16. Dulu sewaktu kecil aku juga pernah disengat tawon. Sakit memang. huhuhu
    Kasih ibu emang selalu mujarab Mas :)

    ReplyDelete
  17. di rumah gue juga pernah ada sarang tawon untungnya gak pernah di sengat cuma bayi yang ada di sarangnya itu di masak dong sama bapak gue, keren kan? XD

    bener tuh kata turyono kalau misalnya ada tawon biasanya gue suka ngomong pait, pait biar gak nyengat tuh tawon. kamu sih ngakunya manis jadi aja di sengat. salah sendiri :p untuk kebaikan harusnya bilang "gue pait, jadi jangan sanget gueee" gitu XD

    oya, kayanya kamu berbakat deh jadi tukang ngobatin orang dengan air doa gitu.

    ReplyDelete
  18. waktu lo hampir kesengat tawon kenapa loa nga baca jampe-jampe "Pait...pait... pait..." biar tawonya pada menghindar, gue juga bingung dengan mantera ini kenapa ya, tawon bisa semudah itu tiba-tiba menghindar ketika gue bilang pait.

    Nyokap lo keren juga ya,bisa nyembuhin penyakit lewat doanya. emang bener sih doa orang tua itu yang paling mujarab.

    ReplyDelete
  19. persis kayak aku pas pertama kali kena sengat tawon.
    pas disengat aku coba mites pakai tangan, tapi aku berhasil.
    dia ngentop pinggangku, dia jugak hancur karena bisa ku pites dengan tanganku

    ReplyDelete
  20. Bener tuh kata Fahmi, pake mantra "pait pait pait" dijamin tawonnya tetep nyengat, kan dia enggak tau bahasa manusia. Tapi kasihan banget ya tawonnya, kan katanya kalau dia habis nyengat dia mati :'(

    Udah lama nih aku enggak disengat tawon, kayaknya terakhir itu pas kelas 6 SD, gara-gara ada rumah tawon gede di atas pohon mangga yang ada di depan rumah, dan akhirnya kena sengat. Emang sih rasanya sakit.

    Sakti banget nih do'a Ibunya, kayaknya boleh nih minta do'a buat ngusir kejombloan. Dikasih do'anya ke para jomblo yang udah lama sendirian, kali aja do'anya ampuh.

    ReplyDelete
  21. Horor banget disengat tawon. pas bakar kerajaan tawon harusnya sambil ngmong pait..pait.. biar ga digigit tawon. itu mitos apa bner gak sih ngmong kaya gtu xD
    Syukur kalo sakitnya udah berkurang semoga aja lekas sembuh. Minta do'a lagi sama emak biar cepet sembuh.

    ReplyDelete
  22. Biasanya aku sama Mama sukak ngemall bareng trus cekikikan perhatiin orang-orang sekitar.. Emang ibu en anak sama aja nyelenehnya :P

    Ohya. Tetangga ibuk ku dulu pernah disengat tawon, tapi sampek demam gitu. Kasian :(

    ReplyDelete
  23. Ih, kok nggak update status sih? Kan aku jadi nggak tauk...
    Kalau aku tau pun mungkin sudah aku suruh minta maaf sama si tawon. :D

    ReplyDelete
  24. Waduhhh, ini 2. Dulu gue disengat tawon di jempol aja rasanya menjalar sampe ke tangan merasuk ke hati. Khan sakitt...hrusnya kmu membasmi rumah tawon tuh pake baju khusus gtu kyk di tipi tipi khan jadinya selamat...i
    tpi ibu emng gitu, rela melakukan apapun untuk anaknya..gimana? Skrang udah sembuh belum? Haha.
    Kamu kereeeen, uda punya buku solo komedi. :)

    ReplyDelete
  25. Kenapa lebah rela menukar hidupnya cuma demi bisa menyengat kamu, bang? xD

    ReplyDelete
  26. Untung nggak di muk Di, coba kalo di muka pasti lo kayak artis korea abis gagal oprasi.
    kalau kesengat tawon mending pakek lumpur ajah di olesin, itu sih kata orang tua zaman dulu..

    gue punya tuh pengalamn bareng nyokap, gue suruh bantu2 masak paling. emang agak bencong sih..

    ReplyDelete
  27. hiiiii serem amat disengat tawon..
    hahahahhaha *eh, maap*

    ReplyDelete
  28. yaaa ampun kasian ya tawon nya :(

    ReplyDelete
  29. Waahhh...jadi Tawonman dong lu, Bang...

    ReplyDelete
  30. Waahhh...jadi Tawonman dong lu, Bang...

    ReplyDelete
  31. Rata2 co kalo mau cari pasangan pasti dimirip2in ama emak nya hua hua

    ReplyDelete
  32. doa Nyokap itu selalu mujarap, makannya minta do'a terus

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Popular posts from this blog

Cara Paralel Propana Reload ke Jabber

Decolsin Solusi Flu Batuk yang Menyebabkan Kantuk

Kamus Bahasa Linggau