Bye

Bye

Sebenarnya hanya sepele sih. Satu kata doang. Bye. Tapi efeknya bikin ribuan kata muncul. 


Berawal dari kata bye. Lalu pergi. Dan tanpa kabar. Gue pernah punya temen dekat. Namanya Citra. Orangnya baik. Emang baik sih. Saking baiknya kadang Citra mau aja gue suruh-suruh. Gue suruh ganti popok gue. Eh nggak deng, gue bercanda.

Citra ini adalah anaknya tetangga gue. Kami berteman sudah sejak masih piyik-piyik. Gue pernah rangkulan bareng, lalu berjalan keliling kampung. Tapi dulu, waktu masih belum sekolah. Sekarang udah sama-sama gede begini, gak tau kenapa gue malu kalau disuruh rangkul-rangkulan lagi. 

Kemaren gue ketemu Citra lagi. "Kamu sekarang jilbaban?" tanya gue. 
"Iya. Aku capek diprotes mulu. Tiap aku nggak dandan dibilang jelek. Kalau dandan, dikatain menor. Makanya aku pake hijab aja," tuturnya penuh kepiluan. Gue tadinya pengen bilang, siapa yang berani ngatain kamu jelek? Sini biar aku marah. Tapi gue batalin. Dulu banget gue pernah ditonjok orang sampe bibir gue mengsol gegara gue sotoy. Gue mah gitu orangnya. Suka marah-marah, tapi gak jago berantem. 
Pffft.

Padahal rumah gue dengan rumah Citra deketan. Cuman kelang lima rumah doang. Bahkan setiap hari gue lewat depan rumahnya setiap pergi sekolah. Tapi gue jarang ketemu Citra. 

Citra masih sama kayak dulu. Badannya ramping. Dulu jaman kecil kita pernah punya permainan gendong-gendongan. Kita suit, terus yang kalah mengejar yang menang. Kalau kena senggol, hukumannya harus ngegendong. Gue pernah suit dan kalah. Lalu Citra lari sebisanya. Mungkin karena gue cowok, jadi langkahnya cepet terkejar oleh gue. Sebagai hukumannya Citra kudu nggendong gue dong? Karena itu udah perjanjian di awal. Citra membungkuk. Gue dengan begoknya tanpa malu-malu pula, langsung naik begitu aja. Padahal gue ngerti banget kalau tubuh Citra kala itu lebih mungil dari gue. Kontan aja tubuhnya ambruk. 

"Aku nggak kuat, Qaqa~!" Halah, Citra nggak sealay itu sih. Tapi ya intinya, emang Citra bilang kalau dia nggak kuat ngegendong gue. 

Selang beberapa menit, keadaan berbalik. Citra kalah, dan harus mengejar gue. Gak tau kenapa, gue juga udah lupa. Ketika itu gue kena kejar Citra ini. Jadi semestinya gue kudu ngegendong Citra kan ya? Gue udah siap mau ngegendong. Citranya malah diam aja. 

Gue deketin Citra sambil membungkukkan badang. "Ayo naik, Cit!" ujar gue.

Saat gue menoleh ke belakang, gue lihat Citra menggeleng. "Nggak mau ah," sahutnya dengan ekspresi tersipu.
**** 



Selang beberapa tahun kemudian, terjadi lagi kejadian yang sama walau  adegannya berbeda. Gue dan Citra seumuran. Lahir duluan gue setahun, tapi kita sekelas waktu sekolah. Citra emang kecepetan waktu sekolah. Mungkin karena itu lah dia jadi agak lemot, mungkin karena belum nalar sih ketika itu. Tapi gue akui sih dia orangnya gaul dan syantik. Eseh.

Ceritanya kami udah sama-sama gede ini. Gue kayaknya naksir. Gak tau juga, mungkin karena udah terlalu sering ketemu, jadi muncul sebuah perasaan yang gue sendiri gak ngerti dimulai sejak kapan. Mungkin emang cowok dan cewek itu nggak bisa kalau cuma sebatas pertemanan saja kali ya. Karena bagaimanapun juga cowok dan cewek itu emang sejatinya ditakdirkan untuk saling mencintai. Seperti gue kala itu. Gue suka apapun tentang Citra. Sampai akhirnya gue beraniin diri buat bilang, "Aku suka sama kamu. Pacaran yuk, Cit!" 

Emang, kedengarannya kayak ngajakin makan gitu. Waktu gue lihat Citra geleng-geleng kepala. Telinga gue terasa bising. Seperti tak ada suara lain, selain suara Citra yang diulang-ulang. "Nggak mau ah. Nggak mau ah. Nggaaaaak maaauuu aaaaahhhh." Begitu.

Gue belum terlatih untuk patah hati. Yaudah, "Bye," kata gue. Begitu aja.  Lalu kita jarang bertemu lagi. 
***

Persamaannya dengan kejadian jaman kecil gue dulu adalah, gue masih sama ngebetnya. Sedangkan Citra masih sama nggak maunya. Dari situ gue mulai ngerasa kayak ibu Polwan. Gue pun sedih. Orz

Setelah kejadian itu, hubungan gue jadi merenggang. Gue benci sama Citra. Sedangkan Citra menilai gue sombong.  Gue jadi sering murung. Gue juga jarang keluar rumah. Gue menjadi intovert karena ulah cupu gue sendiri.  

Dari sini gue mulai ngerasa sepi. Gue merasa tak berkawan selain Citra. Gue merasa masa remaja gue dihabiskan dengan perasaan cupu yang paling gue benci. Gue ngerasa kehilangan kawan baik seperti Citra. Kalau saja kejadian penembakan itu tak ada, mungkin gue gak bakalan sedepresi itu. Bahkan gue juga sempat meriang. 

Emang sih dulu gue cupu banget. Gue nggak pernah mikirin efek jangka panjangnya. Gue nggak pernah mikir kalau sebuah rasa, katakanlah love. Bisa berubah menjadi lost, jika dan hanya jika kita salah untuk menerapkannya.

Andai saja gue lebih mikir sedikit saja waktu itu, semestinya gue bisa kok langgeng sama Citra tanpa mesti pacaran. Karena cinta itu kan universal. Gak melulu buat pasangan. Kan juga bisa buat orangtua, temen sejawat, buat handphone, yakali jaman sekarang kan musim banget pacaran sama ponsel.  Malahan ada juga yang pacaran sama sabun. Tiap malam minggu, pada nyari sabun. Tau deh gaya pacarannya kayak apa.

Nama gue Hadi Kurniawan.

Bye.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Best Article Blogger Energy

Comments

  1. Asik cerit...eee..eee... curhatannya, Om Ntang. xD

    Sayang banget kalo sampe sekarang masih jauh-jauhan. Mungkin udah saatnya mencoba kembali berkenalan. O_o

    ReplyDelete
  2. persahabatan yang baik, hancur gara-gara kesalahan lu sendiri, kayaknya gue juga pernah ngalamin, cuma beda cerita, lu nyatain perasaan cinta, dan ternyata si Citra nggak mau. Kalo menurut gue sih, dia mau, cuma nggak mau pacaran aja, sebaiknya lu tetap temenan sama Citra, siapa tahu nanti kalo udah dewasa, tiba-tiba ketemu lagi, terus lu nyatain perasaan lagi, ternyata dia akhirnya mau, dan kalian menikah.

    ReplyDelete
  3. Semoga menang ya, Boy. Tulisan kamu heartwarming. Cerita berdasarkan kisah cinta yang nyata emang gak pernah biasa saja. Selalu terasa istimewa.

    ReplyDelete
  4. Widih ampe segitunya ya gara-gara cinta di tolak, langsung introvert. Tapi bukannya introvert itu bawaan dari dalam diri ya.

    Harusnya nih cinta di tolak dukun bertindak lah haha kali aja gitu nanti citranya bakal nerima lu

    ReplyDelete
  5. Hahaha :))

    Sebenernya kalau mau nunggu waktu sih udah dapet tuh boy. Tapi emang gitu yaa, nembak, gagal terus jadi minder sendiri. Haha

    ReplyDelete
  6. Payah masa iya citra harus gendong kamu, di? Udah tau citra itu cewek disuruh gendong kamu -____- :D

    ReplyDelete
  7. Kaget pas bang hadi main gendong-gendongan sama citra. Masa iya cewenya yg dibawah ?

    Berarti ini ceritanya kehilangan seseorang nih. Tapi kan dia nggak selamanya hilang. Mungkin kalo bang hadi habis nembak si citra terus citranya nggak mau ya lebih baik temenan dulu aja jangan menjauhi. Kalo menjauh akhirnya merasa hilang deh. Kan cinta datang karena terbiasa

    ReplyDelete
  8. yang sabar iya mas mugkin lain waktu kalo nembak lagi semoga di terima :D

    ReplyDelete
  9. Aaaaa puk puk hadi deh

    Nah..tetangga ku ada yang namanya Citra juga...
    jangan jangann...

    ReplyDelete
  10. ampe sgitunya lu marah sama citra? buset dah.
    gue klo punya tmen dket dari kecil, apalagi cewe, ga mau gtu'' jga. pengennya gtu.

    emangnya lu ga mau bareng'' lg gtu?
    tapi ktika lu udah mulai sbuk dengan berbagai kerjaan, ataupun hal lain, perlahan mulai lupa sih. yg tabah aje ye, mblo. BHAHAHA

    ReplyDelete
  11. Pacaran sama sabun? Gue harus ngomong gimana????

    Ini kisah kehilangan, ya. Keknya, gaya hidup lu terlalu nyentrik dengan hal yang gak seharusnya lu lakuin. Kenapa gue ngomong gitu. "Bodoh amat.."

    Gini, gue kira lu yang paling bersalah di kejadian ini. Sebabnya, lu harusnya sadar, bahwa yang lu lakuin dengan ngejahuin citra itu salah.

    Kan udah temen deket dari kecil. Begitulah cinta, emang sering banget buat orang jadi berubah. Iya, berubah berbeda dari yang pernah dikenal.

    Semoga menang Best Articlenya.

    ReplyDelete
  12. Buat wanita itu menyesal telah nolak cinta suci u brother

    ReplyDelete
  13. Wih, sumpah, bacanya nge-fell banget. Gue juga pernah nih ngalamin kayak gini waktu kecil dulu. Langsung main nembak-nembak aja tanpa ngaca dan tanpa adanya pendekatan. Dan akhirnya ue benci dia, dan dia ngejauh dari gue karena ilfill. Tapi untungnya sih gue nggakpernah sampe introvert kayak gitu.
    Love menjadi lost. Itu emang bener banget. Kalo kita nggak bisa dapet "love" dari cewek, tergantung bagaimana kita menyikapi slanjutnya, kalo salah bisa aja jadi "lost."

    ReplyDelete
  14. Ah, temen masa kecil emang kadang bikin cinta akhirnya, pas kecil mungkin kayak sahabat aja, tapi gede dikit kadang bikin baper. Sayangnya kadang baper itu bertepuk sebelah tangan, walau gak mungkin bertepuk pakai satu tangan, gue juga mungkin peribahasa ini, ah lupakan.

    Yang pasti, bener kata lu, masa remaja lu bisa dihabisin lebih indah kalau lu bisa menerima keadaan. Lu gak perlu merubah keadaan dengan kagak nembak Citra, yang perlu lu rubah adalah sikap lu setelah ditolak, biarkan semua berjalan seperti adanya, gak usah ada kata 'bye', kalian tetap seperti dulu, layaknya temen, simpel kan?

    ReplyDelete
  15. Owwwwwww

    Agak pilu gitu endingnya wkwkwk
    Sabarrrrr
    Semoga suatu hari do'i sadar ternyata yang dia cari-cari sebenernya udah dia tolak hehe :)

    goodluck!

    ReplyDelete
  16. Gue mah gitu orangnya. Suka marah-marah, tapi gak jago berantem.
    Korban anak alay bwhaha :D

    ReplyDelete
  17. Tuh kan, nyeselnye dibelakang. Yaudah BYE hahaha

    ReplyDelete
  18. Emang yang namanya cowok temenan sama cewek, seringnya salah satunya ada yang ngarep ya.. sekalipun keliatan gak ada masalah dan selalu pura2 tegar tapi kenyataannya sayang.

    Abisnya lo nembaknya biasa aja. Harusnya, Cit, umroh yuk gue bayarin, nanti di sana kita jadian. Pasti bakalan mikir2 banget tuh Citra~

    Gayanya nge-bye-in nyatanya masih ngarep, ah dasar cowok.

    ReplyDelete
  19. Aihh, tulisannya keren!
    Enak gitu dibacanya! Ahhhhh....


    Ouhh, jadi masa lalu ka hadi gitu, ya? Sekarang masih cupu, gak? *eh

    ReplyDelete
  20. Puk-puk kentang... Btw, Citra nama temen kantorku. Jangan-jangan Citra itu ya? Dia memang syantik. :D

    ReplyDelete
  21. Cinta pertama nih kayaknya. Eaaaa....

    ReplyDelete
  22. Cinta pertama nih kayaknya. Eaaaa....

    ReplyDelete
  23. Saya tertohok di pacaran sama sabun. Sungguh merasa tertampar sekali. Anda mau pacaran sama sabun tuh kayak gimana? :p

    ReplyDelete
  24. Kakak hadi sabar yah...cinta memang begitu..iya andaikata dulu bsa berpikir lbh dewasa, bukankah cintatak harus memiliki? Hehehe..tapi bersahabat sma lawan jenis memang rentan rasa cinta, kan tau sendiri "tresno jalaran soko kulino",cinta karena terbiasa..tapi ya emng klo ngomong soal perasaan emng susyehhh...sabar aja smga bsa memupuk silaturahmi lgi sma si Citra Dn ga perlu pcran sama sabun. #loh

    ReplyDelete
  25. kenapa kamu ngejaunya sampai segitunya sih,padahal kalau kamu gak ngejauh mungkin hubungan kalian akan baik-baik aja atau mungkin juga nantinya cinta kamu akan diterima

    ReplyDelete
  26. Ish jadi di tolak citra ??? ngak mau ngak mau ngak mau ... kasihan jomblo ngenes hahaha

    ReplyDelete
  27. Kalo gue jadi elo, mungkin gue bakalan lakuin hal yang sama. Tapi jaman sekarang udah canggih, cari aja twitternya, pin bbmnya, atau apa kek. Ajak dengan obrolan ringan. Gitu.

    ReplyDelete
  28. Emang ngga ada tetangga laen ya selaen Citra? Hahah.. :D

    Aku jugak pernah punya temen kecil, namanya Bayu. Pas TK - SD - ngajian bareng trus ngga pernah ketemu lagi sampek SMA. Sering jalan bareng karena sama-sama jomblo. Akhirnya dia bilang syuka, trus aku males temenan karena akunya ngga syuka. Mihihihi :P

    ReplyDelete
  29. KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KERE


    :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KERE


    :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KEREN KERE


    :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D

    ReplyDelete
  30. yang sabar ya mas Hadi Kurniawan :)

    ReplyDelete
  31. Setidaknya lu masih mending, bro. Lha gue, suka sama cewek, cuma bisa mandangin doang, cuma bisa jadi pengagum rahasia. Alhasil cinta pertama gue itu harus gue relain pergi, kayaknya sih udah jadian sama cowok lain. Dan itu pedih banget!!!

    gue salut sama keberanian lo, ga kayak gue yang luar biasa pengecut soal cinta. •_•'

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. semarang belum ada buku LDR muu :(

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Popular posts from this blog

Cara Paralel Propana Reload ke Jabber

Decolsin Solusi Flu Batuk yang Menyebabkan Kantuk

Kamus Bahasa Linggau