Posts

Showing posts from February, 2015

Deviated Versi Inggris

Akhirnya gue berhasil copas cerpen gue yang diterjemahin. Gue nggak pengen ngejadiin ini sebagai masalah yang serius. Bisa banyak penyebab kenapa ini orang bisa nerjemahin cerpen gue. Dan gue nggak tau modusnya apa.  Tapi makasih buat Ausar The Ville yang udah mau ngubah bahasa ini cerpen. Mungkin salah gue juga udah ngumbar-ngumbar cerpen.

Sebenernya gue share cerpen hanya bermaksud untuk berbagi, ya kali mungkin ada di antara lo yang pengen juga bikin cerpen dan butuh referensi. Namun kejadian ini beneran di luar ekspetasi gue.

Sekalian basah, gue buka kesempatan lah. Buat lo yang mau ngubah cerpen ini ke bahasa yang lain lagi, gue ijinin. Sekali lagi gue ijinin.  Serius.


Oke, ini cerpen gue ambil dari https://www.fanfiction.net/s/10337476/1/Deviated. Buatan Ausar The Ville yang asalnya dari cerpen gue. Dari gue, dan kembali ke gue kudunya. *nyengir

Cekidot.

***

Review Antologi Babu Backpacker

Image
Backpacker (n) kegiatan melakukan sebuah perjalanan yang dilakukan oleh seseorang dengan membuat beberapa rincian mengenai dana, tempat tujuan dan segalanya secara sistematis. 
Desi - salah satu tokoh yang ada  dalam buku ini melakukan backpacking bersama rekannnya yang bernama Febri selama sepuluh hari, dengan rute: dari Malaysia, Hanoi, Halong Bay, Ho Chi Minth City, Phnom Penh, Siem Reap, Bangkok, Phuker, Phuket, dan berakhir di Jakarta.
Selama sepuluh hari tersebut, tokoh Desi diceritakan mengalami beberapa kesan enak dan tidak enaknya dalam melakukan backpack, seperti kesulitan dalam mencari makanan halal, karena agama Islam termasuk minoritas di negara yang mereka kunjungi. Selain itu dalam sebuah kasus mereka berdua juga mengalami ketakutan-ketakutan lain, diantaranya takut kalau tas punggung mereka tiba-tiba dicolong orang, hingga mereka memutuskan untuk mengikatnya dengan tangan mereka, ketika mereka terpaksa tidur di tempat umum. Juga perlakuan tidak baik dari seorang pria mab…

4 Tips Menjadi Penulis

Image
Mungkin kedengarannya gak patut kalau gue ngasih tahu cara menjadi penulis. Secara, gue mah apa gitu. Tapi mohon tenang, gue cuma mau sharing dikit. Ini menyangkut dua orang yang semalam nanya ke inbox gue tentang gimana sih caranya menjadi penulis.
Kalau menurut gue sih, ada beberapa cara untuk menjadi penulis. Coba kita runut!
1. TAHU ARTI DARI KATA PENULIS  Menurut gue penulis itu adalah seseorang yang melakukan aktivitas menulis. Jadi kalau lo sudah melakukan aktivitas menulis, menulis status di facebook misalnya. Kalau versi gue, lo udah bisa dibilang seorang penulis lah. Karena lo menulis, walaupun baru menulis status di facebook. 
2. BANYAKIN MEMBACA BUKU Dulu banget sebenarnya gue juga kepo. Dalam artian, sering banget nanya ke orang yang lebih dulu nerbitin novelm tentang gimana caranya, kok bisa sih tembus penerbit ini, dan segala macam. Dari sana gue dapat jawaban kalau kita cukup rajin membaca buku. Ada baiknya begitu. Dan kadang kalau gue ditanya hal serupa gue juga pakai jawab…

Pangeran Cinta: Sejarah Tulisan Wortel

Image
Salam Wortel!
Pemenang Miss Indonesia, Biss Key Malam Ini 17 Februari 2015, Bisskey malam ini
Mungkin tadinya lo pikir gue adalah Pak Mario Teguh kloningan KW 1 yang akan menyerukan dua kata, yaitu: Salam Super! dengan intonasi yang pas dan lantang, seraya mengacungkan jari telunjuk.

Lo salah.

Sekali lagi gue jelasin kalau gue bukanlah Pengisi Acara Golden Ways itu. Gue bukanlah Om-om yang nyaris botak, karena kebanyakan ngasih motivasi untuk gue, orang lain, dan alam di sekitar kita. Lalu siapa gue ini? Gue sebenarnya adalah Pangeran. Ijinkan gue ngakak sebentar saja.

Uwaw!!! Karya Gue Diterjemahin

Image
Apa yang lo rasain ketika lo tahu karya yang sudah lo bikin diterjemahin?

Gue punya blog lain di wordpress. Tadinya gue mau ngebikin blog yang di sana untuk ngumpulin beberapa karya buatan gue. Tapi sayangnnya sampai saat ini, gue hanya mampu ngebikin secuil karya doang.

Dari segelintir karya gue itu, gue pernah ngeposting tulisan gue yang pernah dimuat majalah HAI. Judulnya Deviated. Cerpen ini menceritakan tentang Yien yang nggak ngerti dengan sikap Ricky, dan lebih memilih putus. Namun penyesalan selalu saja datang terlambat. Saat di halte, Yien pengen  balikan, tapi justru Ricky udah nggak sendiri lagi,  karena dia udah punya Rita.

Ditolak Pak Puguh

Ditolak itu rasanya sakit yah. T_T

Tapi demi proses belajar, gue berusaha menyingkirkan semua rasa sakit itu untuk segera bangkit. 
Siapa yang tidak mengenal Pak Puguh? Baiklah, gue kenalin, beliau adalah penulis Skenario. Gue tahu dari Feby Andriawan kalau kita mau kirim sinopsis FTV untuk ditayangkan di SCTV, kita cukup hubungin Pak Puguh. Sejauh ini gue udah beberapa kali mencoba, dan hasilnya semuanya gagal. 
Pertama, gue mencoba ngirim Sinopsis dengan judul Rapi Amat Cabe-cabean. Dulu masih booming banget cabe-cabean. Dan  sekarang gue malah malu kenapa bikin sinopsis dengan judul begitu. 
Dari pengalaman itu, gue dikasih contoh sinopsis FTV yang pernah tayang, salah satunya punyanya Feby. Dari situ gue jadi sering ngepoin blognya Feby buat belajar.

Review Novel Komedi: 3 Koplak Mengejar Cinta

Image
Ada tiga tokoh, Ardhan, Pasai dan Ibam. Diceritakan dengan sudut pandang orang ke satu, dalam hal ini adalah Ardhan, namun kayaknya tokoh yang lebih sering diceritain malah Ibam. Mereka punya geng koplak bersama Pasai yang naksir cewek yang sama. Mengejar cinta di sini ternyata ngejar cintanya guru agama biar naik kelas. Jadi mereka harus bikin diary. Serunya waktu Ardhan kehilangan bukunya, lalu dia harus berpetualang naik kereta api, sampai dapat konflik baru karena harus nolongin kakek yang kejambretan. Drama persahabatannya gak terlalu banyak tapi sempat membuatku tercenung. Aduh, soswit gimana lah gitu. 
Koplak, ya namanya koplak otomatis konyol. Ada kekonyolan waktu mereka harus bolos demi nonton film. Tapi keabisan gegara tiketnya diborong orang dan mereka mesti nonton film yang tayang jam dua. Jadi ngapain mereka bolos kalau sepulang sekolah masih bisa nonton? Nah, itulah koplaknya mereka. 
Ah tapi penulisnya juga koplak sih menurut gue. Gak mungkin penulisnya pendiem. Paling…

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Semangat Kerja

Image
Apakah kamu merasa memerlukan tips untuk membangkitkan semangat kerja yang mulai menurun? Banyak penyebab seseorang yang motivasi kerjanya mulai turun, termasuk kamu. Mulai dari ketidakpuasan terhadap perusahaan atau atasan, lingkungan yang kurang menyenangkan, rekan kerja yang kurang kita sukai, termasuk kondisi ekonomi yang tidak juga beranjak.
Lalu pertanyaanya selanjutnya, saat semangat dalam bekerja menurun, apakah kita mengikutinya? Kita biarkan semangat turun, akhirnya prestasi kita jeblok. Apakah ini akan baik? Atau membuat segalanya makin buruk. Anda bisa saja di PHK, bisa saja terjalin hubungan yang tidak baik, bahkan bisa mengganggu kesehatan. Emosi yang terus negatif akan mengganggu kesehatan.
Untuk itu, kamu harus segera membangkitkan semangat kerja sesegera mungkin. Berikut ada beberapa alasan kenapa kamu harus semangat kerja. 

3. Tanamkan cinta terhadap pekerjaan Adanya rasa cinta terhadap pekerjaan dalam diri kamu akan membuat kamu bertahan di tempat kerja, walau banyak …

5 Kutipan Pembangkit Semangat Kerja

Image
Menjalani bulan-bulan baru di tahun 2016 ini, tentu kamu tidak ingin patah semangat bukan? Untuk membangkitkan kembali semangat berkarya dan mengejar mimpi, ada baiknya kamu membaca 5 kutipan pembangkit semangat kerja berikut ini. 

5 Kutipan pembangkit semangat kerja. 

Ketika kamu berhenti mengejar impian, akan ada seseorang yang memperkerjakan kamu untuk mewujudkan impiannya. 

Ada tikungan di tengah jalan bukan berarti harus menghentikan langkahmu. Kecuali seandainya kamu gagal untuk berbelok. 


Hidup ini menghadapkan kita pada banyak pilihan, maka beranilah mengambil risiko agar kamu berkembang.


Masa depan adalah milik mereka yang percaya pada mimpi mereka. Apakah kamu percaya pada mimpimu Sob?

Kekhawatiran ibarat kursi goyang,  yang memberikan pergerakan kepada kamu, namun ia tidak membawa kamu kemanapun

Inilah tadi 5 kutipan pembangkit semangat kerja. Semoga dengan membaca 5 kutipan pembangkit semangat kerja ini, kamu lebih semangat lagi dalam menjalani pekerjaan kamu ya

Februari Ini Ngapain?

Kalau ditanya Februari ini mau ngapain ... gue kok malah bingung. Beberapa hari ini gue sering ikutan ngobrol di grup kepenulisan, gue pun dengan sombongnya ngerasa bisa nulis. Akhirnya gue tergiur untuk bikin novel. Tokoh utamanya Minggu, untuk sosok cowok pe'a kayaknya nama itu cukup berkarakter. Temanya? Nanti dipikirin lagi lah.

Terus pengen ngapain lagi?

Sebenernya banyak banget. Gue pengen kawin. Serius. Tapi sama siapa? Gue belum mampu juga sih buat ngasih nafkah. Jadi gue rasa belum wajib hukumnya bagi gue. Padahal kadang gue juga ngerasa, wah gue butuh kawin nih. FYI, tahun ini gue udah 23 tahun. Lumayan tua. Gue akui itu. Tapi belum cukup umur juga kan buat kawin kalau lihat umur ideal pria menikah itu 25 tahun. Itu artinya gue masih punya dua tahun buat ngumpulin duit sambil ngayalin pesta nikah. Gue jadi ngakak.

Apalagi?

6 Kutipan Bikin Semangat Bekerja

Image
Kutipan semangat kerja. Menjadi pekerja yang penuh dengan semangat adalah harapan setiap orang. Namun adakalanya kita mengalami lesu dan tidak mood saat bekerja. 
Tujuh dari kutipan berikut ini mungkin saja dapat meningkatkan semangat kamu lagi. Berikut ini adalah kutipan yang bisa bikin  semangat bekerja kamu kembali pulih. 




Kenyataan merupakan hasil dari mimpi, keputusan dan perbuatan. Jadi jangan pernah sesalkan apa yang belum berhasil kamu dapatkan ya!

Ada kemenangan di setiap perjuangan. Ada kesuksesan di setiap kegagalan. Ada kemuliaan di setiap ujian. Begitulah Tuhan akan mengaturnya.

Kedewasaan tidak diukur dari usia, tetapi dari bagaimana kita menyikapi suatu situasi dengan penuh tanggungjawab.

Kegagalan kemarin jangan dijadikan beban hari ini. Tuhan bukan sedang menghukummu, Dia hanya mengarahkanmu ke jalan yang lebih baik lagi.


Memulai sesuatu harus dengan doa dan keyakinan bahwa kita pasti berhasil. Keyakinan itu akan mendorong kita untuk bertindak dengan sebaik-baiknya.


Kebahag…

Gagal Dapat Tiket

Gue ngimpi kalo gue mau pergi ke Jogja naek pesawat. Tapi sayangnya gak dapat tiket. Mendadak anoying, gue gak tau kenapa jadi mikir kalau ada sesuatu yang udah gue rencanain, yang akan segera berujung gagal.

Coba positif thinking saja lah. Semoga ini bukan pertanda apa-apa. Aamiin

Review Buku: 3 Koplak Mengejar Cinta

Image
Ada tiga tokoh, Ardhan, Pasai dan Ibam. Diceritakan dengan sudut pandang orang ke satu, dalam hal ini adalah Ardhan, namun kayaknya tokoh yang lebih sering diceritain malah Ibam. Mereka punya geng koplak bersama Pasai yang naksir cewek yang sama. Mengejar cinta di sini ternyata ngejar cintanya guru agama biar naik kelas. Jadi mereka harus bikin diary. Serunya waktu Ardhan kehilangan bukunya, lalu dia harus berpetualang naik kereta api, sampai dapat konflik baru karena harus nolongin kakek yang kejambretan. Drama persahabatannya gak terlalu banyak tapi sempat membuatku tercenung. Aduh, soswit gimana lah gitu.

Koplak, ya namanya koplak otomatis konyol. Ada kekonyolan waktu mereka harus bolos demi nonton film. Tapi keabisan gegara tiketnya diborong orang dan mereka mesti nonton film yang tayang jam dua. Jadi ngapain mereka bolos kalau sepulang sekolah masih bisa nonton? Nah, itulah koplaknya mereka.
Ah tapi penulisnya juga koplak sih menurut saya. Gak mungkin penulisnya pendiem. Paling j…

Belanja di Republikfiksi Gratis Ongkir

Image
Jadi ceritanya gue beberapa hari yang lalu mesen buku online via republikfiksi. Gue cuman pesen dua biji doang dan abisnya hampir seratus ribu cuman kurang seribu perak doang. Tadinya pengen pesen banyak. Tapi pas ngecek katalognya, gue ternyata cuman tergiur sama dua buku baru yang sekarang udah ada di paketan itu. Gue jadinya milih Koala Kumal dan 3 Koplak Mengejar Cinta untuk dipesan. Waktu ngobrol sama kawan di BBM, juga bikin ngeri gitu. Gue curhatin tentang transaksi gue di republikfiksi itu, sekalian bantu promosi karena ongkos kirimnya gratis. Seriusan. GRATIS!!!
Gue akhirnya goyah setelah kawan gue nakut-nakutin, kalau bisa aja itu tipu-tipu. Tiga hari setelah transaksi dan konfirmasi pesanan di web resminya berhasil. Gue memutuskan untuk add nomor ponsel pengurusnya supaya bisa di WhatsApp-in. Gue sudah lega dong. Tapi besoknya gue ragu lagi. Karena gue belum dapet nomor resi sama sekali kayak biasanya gue belanja online. Gue pun jadi nanya-nanya lagi. Untuk mematahkan kepe…