Review Nyengir Ketupat @harishirawling



Haloo.

Ini gak tau nyebutnya gimana. Gegara dipilih jadi host tempo hari, acapkali abis baca saya jadi kepengin ngereview sekaligus ngeinterview.

Kali ini  buku  Nyegir Ketupat buatan @harishirawling. Mudah-mudahan kita bisa ngobrol bareng  sama penulis buku ini lah suatu hari.  Bisa dibilang ini adalah buku pertama yang saya kelarin di dua ribu empat belas ini.

Sudah saya bilang sebelumnya, kalau saya dapet buku ini hadiah dari Bibi Peri, beliau itu adalah Bibinya kita semua di facebook. Bibi yang paling baik hati. Selengkapnya silakan baca postingan saya tentang Candi. Dan gegara itu juga, saya sampai dapet tanda tangan dari Haris seperti ini:

Foto

Sebenarnya buku ini udah lama di tangan saya. Tapi dulu waktu saya dapet buku ini saya nggak kelar-kelar membacanya. Bukan karena buku ini buruk. Seklai lagi saya tekankan bukan karena itu. Semua itu hanya karena masalah internal dari dalam diri saya. Sebagai orang moody ternyata tidak enak. Duh.
***  

Langsung ke buku.

Buku ini ditulis oleh Haris Firmansyah. Dengan ketebalan  seratus tiga puluh lima, sangat tidak memberatkan pembaca untuk membaca buku religi ini. Buktinya saat mood saya membaik, saya berhasil membacanya dalam waktu tiga jam saja.

Dibantu editor Meti Item – loh  kok namanya kebalik ya meti dibalik item – item dibalik meti, Tukang Desain Kaverya bernama Agus, Tukang Bikin Layout yang kece itu Violet Vitra, dan dicetak oleh penerbit PING!!! pada Juli 2013, Haris berhasil membuat buku seciamik Nyengir Kettupat ini.

Tulisan dibalik kavernya seperti begini;

Buku ini adalah sebuah komedi religi berisi 30 catatan cacat dari seorang perindu Ramadhan. Selain berisi cerita lucu, ada juga penggalauan agamis, ceramah sok iye, tips ngaco, esai ngelantur dan tanya jawab ngawur.

Merangkum macam-macam fenomena lucu selama bulan puasa. Isinya kadang mencerahkan, tapi lebih sering bikin gedor-gedor pintu kamar mandi. Mulai dari keruwetan menentukan awal bulan puasa sampai mencari alasan Bang Toyib tidak pulang saat lebaran. Dari SMS untuk Mamah Dedeh sampai SMS Mama Minta Takjil. Dari plesetan lagu Bimbo sampai surat cinta untuk juragan mercon. Bahkan, hasil wawancara absurd dengan keluarga setan bintang iklan kartu seluler pun ada di sini.


***

Daftar Isi Buku

Puasa Kapan? Hal. 7
Disini ngebahas tentang banyak banget plesetan segar. Misalnya begini “Mulai Puasa kapan, ya?” | “Yaelah, Bro. Masih nanya aja ! Udah pasti pas tanggal 1 Ramadhan. Masa pas Lebaran.”
Perbuatan yang Tidak Boleh Dilakukan ketika Puasa hal. 10
Mendendangkan Doa sambil Bejoget hal. 14
Di sini isinya parodi iklan di tivi.
Hal-hal yang Membatalkan Puasa hal. 18
Puasa Bolong di Siang Bolong hal. 22
Sekeluarga Minta Pulsa Hal. 26
Berbukalah dengan yang Ada di Meja Makan hal. 33
Ada Anak bertanya Kayak Bapaknya Hal. 36
Ramalan VS Amalan hal. 41
Show Off hal. 51
Nyeritain tentang orang alay yang suka pamer in ibadahnya ke sosial media.
Masakan Seorang Ibu Hl. 55
Pesantren Geledek Hal. 57
Curhat Bareng Mimih Dedeh Hal. 63
Comis Kultum Hal. 72
Tujuh Belasan kala Puasa hal. 76
Multilevel Amalan hal. 86
Kolak Quote Hal. 91
Boyband Girlband Syariah Hal. 94
Asmara Subuh dengan Kasur hal. 96
Joke Penomenal hal. 98
Ngabuburit Ngetwit hal. 102
Surat Untuk Juragan Mercon hal. 109
Bang Toyip Kapan Pulang? Hal. 114
Interview with Syaiton hal. 118
Tips Mudik dari Si Udik hal. 122
Pertanyaan Paling Klise hal. 124
Lebaran yang Tertukar hal. 129
SMS copas di Malam Takbiran hal. 131

Yang saya paham dari ciri khas penulis, selalu menyajikan pesan moral juga hikmah di setiap ujung cerita. Ini yang selalu menjadi kelebihan semua tulisan Haris.

Banyak banget plesetan dalam buku ini. Seru. Lucu. Kadang emang benar-benar membikin nyengir ketika membacanya.

Yang paling memorable buat saya adalah bagian Mamah Dedeh, di sana Haris memplesetkannya menjadi Mimih Dedeh. Juga di bagian perbuatan yang dilarang saat puasa, Haris bilang nyuruh orang sholat itu nggak boleh.

Saya sempat perang logika saat membaca bagian ini. Dan Haris dengan pintarnya menjelaskan, kalau menyuruh orang sholat itu benar-benar tidak boleh. Duh. Nalar saya pun akhirnya terbuka. Saya renungi lama sambil nyengir. Oh iya ya, bener juga. Masa orang lagi sholat kok disuruh-suruh.

Foto Hadi Kurniawan.

Untuk masalah layout nggak ada kurangnya. Bagus. Sangat kece sekali.  Sementara kavernya didominasi  oleh warna orange. Bagus sih. Tapi menurut saya kurang singkron sama layoutnya. Layoutnya udah ngeteen banget, tapi kavernya malah kebapak-bapakan.  Mungkin maksudnya buat menggaet pembaca dari usia paruh baya sampai remaja, eh kebalik.   

Comments

  1. wiih jarang ada cowok yg suka ngeblog atau ngeriview buku lho. salut :3

    ReplyDelete
  2. Wah wah jadi kita kita ini dikagumi donk sama Mba Erika Putri Gustiana. Kami punya komunitas mayoritas para cowok yang Blogger tulen dan banya yang mereview BUKU. Hiheiheiheiee

    ReplyDelete
  3. wah saya malah baru tau kang ada komunitas blogers cowok. salut, salut, yaa kan cowok biasanya maen games atau maen bola.

    ReplyDelete
  4. Aaaaak. Makasih, Hadi, Ken.

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Popular posts from this blog

8Share Indonesia Alternatif Mengumpulkan Duit di Internet

Decolsin Solusi Flu Batuk yang Menyebabkan Kantuk

Cara Paralel Propana Reload ke Jabber