Ngobrol dengan Haris Firmansyah

Halooo, Guys.

Hari ini kita akan ngobrol sama @harihirawling author Nyengir Ketupat.  Kebetulan hari ini hujan. Saya mangkir kerja. Alasan yang sangat klasik. 

Sebenarnya ini bukan kemauan saya,  jadi ceritanya tadi teman saya kerja namanya Tira ngajakin bolos. "Aku sudah SMS  Bos kalau di sini hujan kok. Kita bolos aja yuk!" Dia berkata seperti itu melalui telepon.

Pada akhirnya saya pun terbujuk oleh syetan betina itu. Iya, saya dengan dia emang satu kelurahan, hanya beda RT saja.

"Oh, oke lah kita bolos ya. Pacaran yuk!" jawab saya frontal.

"Errrr!" Kemudian terdengar lirik lagu Kereta Api. Tut tut tut ...

Sebenarnya saya nggak punya alasan yang kuat untuk membolos. Terus apa alasan saya kok memilih mangkir? Padahal kalau mau sabar nunggu, kan bisa reda sebentar lagi.

Satu kalimat saja sih. Saya emang pe'a. Duh


Baik. Kita akan kembali setelah pesan-pesan berikut ini.


IKLAN
 Oh. My. God.

Placeit_copy
Seorang ibu akan melakukan apa saja untuk anaknya. Kebahagiaan anak adalah yang paling utama. Seperti ibu ini yang ingin membelikan baju baru untuk anaknya, dengan uang yang didapatnya dari melakukan ini. Klik
 http://technetium-tc.com/id-929018

***

Saya sebenarnya nggak ke mana-mana. Oke, kita ngobrol. Enter, Coi!

Kenalin diri dulu dong buat pemirsa

 Oke, baik. Buat pemirsa di rumah burung maupun di studio foto, perkenalkan nama saya Haris Firmansyah. Twitter saya @harishirawling. Silakan di-hack.
Cita-cita saya pengen punya rumah yang bebas banjir dan bebas parkir. Soalnya gak lucu kan, kalo di rumah kita sendiri kita masih kena parkir? Bayangin berapa duit yang harus kita keluarkan untuk motor yang kita parkir di garasi kita sendiri!
  
Menjadi penulis, apa termasuk cita-citamu?

 "Iya. Tapi penulis yang bener-bener bisa mengubah dunia. Bukan cuma mengubah soft file jadi print out.

Pernah ngerasa ‘nggak pede’ dengan tulisanmu?

 "Nggak pernah. Mungkin pernah. Tapi lupa. Sekarang saya udah gak ada malunya lagi."

 Sebutin dong nama penulis yg sangat berpengaruh dalam gaya menulismu

 Kamu pasti menebak bahwa gaya menulis saya dipengaruhi oleh Raditya Dika? Iya kan? Ya tebakan kamu benar. (Padahal saya nggak nebak. Ckckck. Geer deh. Sayang cowok. Kalau cewek tak ajakin pacaran kamu. Duh!) Tapi saya gak mau dibayang2i oleh Bang Dika. Jadi saya cari role mode lainnya. Saya nemuin penulis lain, yakni Oben Cedric. Saya juga sempet nemu penulis oke dari Bukune, yakni Agung Satriawan. Buku doi kocak lho

 Ada gak sih pantangan mas Haris dalam menulis?

Pantangan? Mungkin pantangannya menulis hal-hal jorok dan berbau seks. Saya menghindari lelucon orang kentut atau orang yang celananya melorot. Gak lucu.  Secara praktik, pantangan dalam menulis adalah menunda-nunda menulis. Pantangan tuh. Soalnya kalo ditunda-tunda terus, ntar gak nulis2 sampe penerbit yang ingin dituju keburu bangkrut.


Mau ditanyain apa lagi nih?

Saya mau ditanya makanan favorit saja. Siapa tau ada yang mau minta di-endorse. Kan lumayan dapet makan gratis.

Iya deh. Silakan ceritakan tentang itu  ...

Makanan favorit saya itu bakso. Ada satu tempat jualan bakso yg paling saya favoritin di kota saya. Namanya Bakso Barokah. Warungnya deket sama SMAN 1 Cilegon. Oh ya, ngomong2 SMAN 1 Cilegon. Saya dulu pernah mau daftar SMA di sana. Tapi saya takut diusir satpamnya.

Balik Ke Buku, sebenarnya Nyengir Ketupat itu buku ke berapa ya? Tapi sebelum itu kita simak dulu pesan-pesan berikut ini! 

IKLAN

Screen_shot_2014-01-13_at_10.27.40_am

Senin sampai jumat, ada sesuatu yang seru buat anda yang suka nongkrong di tempat-tempat paling gaul sampai nonton di bioskop paling kece! Nikmati beragam keseruan ini, nyaris tanpa perlu keluar uang.  Apa ini? Makanan keluar dari mesin foto copy? http://technetium-tc.com/id-929076 

   

***

Kita masih ngobrol bareng Haris. Jadi Itu buku ke berapa Mas dan apa yang sebenarnya pengin di sampaikan?
Nyengir Ketupat maksud ngana?  Itu adlaah buku kedua saya dan yang pengin disampaikan dari buku itu adalah bulan puasa itu menyenangkan. Saya ingin merekam setiap kejadian di bulan puasa. Sehingga di masa depan orang2 akan tau bagaimana suasana puasa di dekade ini. Saya bayangin di tahun 2020 ABG-ABG pada ngerumpiin Nyengir Ketupat. "Eh ternyata pas Pak Haris masih muda, sering mimpi basah pas siang hari di bulan puasa ya.". "Eh, ternyata Sm*sh dulu suka nyanyiin doa buka puasa di SCTV."

Bagian mana sih yang paling kamu suka dan tidak suka?

 Bagian paling saya suka itu bab "Surat Cinta Untuk Juragan Mercon". Yang paling gak suka adalah biodata penulis. Karena di halaman itu saya harus berpisah dengan para pembaca yang budiman. Tapi jangan berkecil hati, saya bisa ditemui di buku-buku saya yang lain.  


Kalau disuruh remedial, bagian mana yg ingin kamu perbaiki?

Mungkin bagian Tips Mudik dari Si Udik.  Saya rasa chapter itu kurang maksimal.

Saya sudah membaca dua buku mas, gayanya sama, setiap ujung cerita ada hikmah yg segelintir, itu tujuannya buat apa sebenarnya mas?

Tujuannya biar pembaca dapet hikmah. Karena saya gak bisa nyempilin hikmah di tengah2 cerita, saya taroh di ujung aja deh. Biar gampang diinget sama pembaca. Syukur2 dijadiin motto hidup mereka. Minimal diquote ke twit atau status FB lah. Yah pokoknya pembaca dapet sesuatu lah setelah baca buku saya.


 
 Ada yg bilang kalau cowok suka baca itu cupu. Tanggapanmu gimana mas?
Ah gak usah ditanggapi. Dia gak pernah kenal saya. Saya adalah cowok yang suka baca dan saya keren.

Hubungan menulis dan membaca menurutmu? 

Membaca bisa menambah kehilaian kita dalam menulis. Menulis adalah menuangkan ide baru setelah membaca.

 Satu kalimat keren dong, untuk ngeyakinin banyak orang kalau membaca itu seru ... 
"Membaca adalah cara keren untuk keren"

 Apa yang memotivasimu untuk terus menulis? 
"Saya ingin menceriakan kehidupan bangsa"

 Katanya ada novel yang mau terbit lagi ya sebentar lagi?  Tapi sebelum itu kita iklan dulu. Tetaplah bersama kami ...

***

Screen_shot_2014-01-10_at_4.24.53_pm
Pilih mana: lari dari kenyataan atau ikutan lari yang ini?
Filosofinya seperti lagu, kita terlahir bagai selembar kertas PUTIH. Tapi di garis FINISH, kita menjadi begitu berwarna! Kelak peserta bisa bercerita pada anak cucunya kalau di suatu masa, mereka ikutan ini dan menjadi sangat Happy dan Healthy. Klik http://bit.ly/1eP2tFf

 ***
Baik mas, monggo diceriteraken ...

"Iya nanti yang terbit adalah buku sejenis teenligi seperti buku terbaru saya All About Teen Idols. Tapi buku saya yg ini bertema tentang hobi dan kebiasaan buruk remaja.
Kalau boleh tahu, mulai menulis sejak kapan?

sejak saya baca buku Raditya Dika dan ingin nulis diary seperti dese. Sejak itu saya mulai menulis. Sekitar tahun 2010.

 Satu kalimat aja mas, petuah untuk penulis mula ...

 Jangan lihat ke atas, ke penulis-penulis yang sudah menerbitkan buku,tapi lihatlah ke bawah, ke buku kosong yang belum kamu isi satu patah kata pun itu. Ada ribuan pembaca di luar sana yang ingin membaca sepak terjang penamu.



Nah itulah tadi obrolan kita bareng Haris Firmansyah.  Semoga bisa ngobrol lagi di lain kesempatan.


Comments

  1. Haha, pesan untuk penulis pemulanyanya kece tuh :D

    ReplyDelete
  2. hehehehehehehehe makasih ya tang. :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Popular posts from this blog

Cara Paralel Propana Reload ke Jabber

Decolsin Solusi Flu Batuk yang Menyebabkan Kantuk

Kamus Bahasa Linggau