Irit Tapi Nggak Pelit

Postingan berikut ini adalah tulisan saya yang saya ikutkan dalam giveawaynya Kak Akin.


 Giveaway Irit tapi Bukan Pelit


Ngomongin masalah irit tapi nggak pelit, cerita saya begini:

"Ini nyata. Nggak pernah saya publikasikan sebelumnya. Sebenarnya bisa dibilang saya ini suka baca buku. Walaupun sebenarnya saya moody. Kadang suka kadang juga nggak suka. Saya bisa dengan rakusnya melahab satu buku satu hari, tapi juga bisa butuh waktu berbulan bulan hanya untuk mengkhatamkan buku yang hanya terdiri dari seratus dua puluh lembaran doang.

Semua itu jelas, karena saya moody.

Tiap kali ke toko buku, saya meringis. Aduh kantong saya tipis. Ngerlirik label harga, tiga puluh ribu, mata saya pedih. Buku itu pun saya lewatin. Lantas nemuin lagi buku yang lebih tebal. Eh, kok malah lebih mahal. Kali ini lima puluh ribu. Saya meringis. Agak terkikik kecil.  Beli nggak ya .... Giliran ngelihat buku diskonan, pas ngecek harga ada angka lima di bagian depan, dengan angka nol dibelakangnya tiga biji. Mata saya langsung berbinar.  Saya pun langsung beli. Tanpa banyak mikir bukunya bagus atau nggak. Pertama naksirnya dari situ. Duhh. Bego.

Sebenarnya saya bukannya nggak mampu beli. Tapi lebih takut nyesel aja kalau beli buku. Makanya saya lebih memilih untuk hunting kuis yang biasanya ngasih hadiah buku.

Dari kuis yang simpel banget yang cukup dengan ngejawab satu soal, sampai lomba blog sekalipun pernah saya jabanin.

Ikut event yang seperti ini menurut saya lebih ciamik. Jadi nantinya kalau dapet buku yang saya nggak suka, buku itu nggak saya baca, saya nggak ngerasa nyesel. Soalnya begini, saya pernah beli buku, pas saya baca kok isinya begini, agak kurang sesuai dengan harapan saya awalnya. Yah, nyesel deh. Kalau dapet gratisan gitu kan, ya ..., mau nggak mau kudu senyum, sambil ngucap makasih. Maklum gratisan. Tapi untungnya, semua gratisan yang saya dapetin bagus-bagus semua. Paling tinggal nunggu mood saya aja, bagus apa enggak, itu yang jadi perkara.

Berhasil satu kali, kok malah ketagihan. Terus berlanjutlah kegiatan-kegiatan itu. Dari yang awalnya saya hanya punya buku segelintir doang dari hasil jerih payah saya membeli sendiri, kini saya jadi punya puluhan buku.

Saya pernah terpilih sebagai host di ajang GagasDebut Virtual Book Tour yang hadiahnya ada empat belas buku. Juga terpilih lagi di ajang  yang sama, namun kali ini adalah Bukune, sebutannya Bukune Book Tour Horror. Kali ini saya dapat sembilan buku. Dari Kick Andy Show Metro TV saya dua kali menang dan dua kali mendapatkan buku dengan tanda tangan Andy F Noya. Selain itu juga saya kerap kali dapet gratisan buku dari penulisnya langsung saat ngadain GiveAway.  Ditambsh dengan segelintir buku yang saya beli sendiri. Kesimpulanna, saat ini saya punya banyak buku tanpa mengeluarkan banyak duit. Irit kan?

Menurut saya, dengan ikutan ajang begini, secara tidak langsung akan membuat kita kaya. Kaya mah relatif. Saya ngerasa kaya saat punya banyak buku bacaan.  Ini bukan pelit. Saya nggak pernah sayang duit untuk hobi saya sendiri. Kayak judulnya lah, irit tapi nggak pelit. Hahahah."

Punya cerita serupa? Ayo ikut juga. Klik ini 


Comments

  1. Jadi ngikik, karena ada buku di lemariku yang :
    1. Sudah dibaca
    2. Belum terbaca tuntas
    3. Belum dibaca, tapi sudah tak berbungkus
    4. Masih berbungkus plastik
    Sebagian besar adalah dapet dari GA, atau Gagas. Karenanya, kali ini aku nggak ngasih buku dulu buat hadiah GA :D

    Eh, btw, makasih udah ikutan di GA Irit tapi bukan Pelit. Sudah terdaftar sebagai peserta. :)

    ReplyDelete
  2. wah wah wah..bukunya pasti dah banyak ya..

    sukses Ganya ya

    ReplyDelete
  3. Sama, saya suka baca tapi males beli, takutnya kecewa sama isinya :D
    Saya lebih suka pinjam.

    ReplyDelete
  4. Hahahaha..
    Boleh juga idenya,hehe

    Terima kasih sudah berbagi di giveaway irit tapi bukan pelit :)

    Salam,
    @apikecil

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Popular posts from this blog

8Share Indonesia Alternatif Mengumpulkan Duit di Internet

Decolsin Solusi Flu Batuk yang Menyebabkan Kantuk

Cara Paralel Propana Reload ke Jabber