Jangan Curi Budaya Kami, Curi Saja Aku! Bosan Liburan di Rumah Mulu

Silakan simak dulu Peta Sumatera Selatan di bawah ini!
Peta Sumatera Selatan

Dalam kesempatan ini akan kukenalkan kebudayaan di Lubuklinggau. Tak dapat dipungkiri, hingga umur Indonesia sedewasa sekarang pun, masih ada saja orang yang tidak tahu dimana Lubuklinggau itu. Bahkan, temanku di Facebook saat kuberi tahu nama kotaku, dia malah ngira kalau Lubuklinggau itu di Kalimantan. Karena yang  orang-orang tahu dari Sumatera Selatan hanya sebatas Pempek, Palembang, dan Jembatan Ampera. Padahal kan bukan hanya sebatas itu doang.

Lubuklinggau adalah sebuah kota yang mendapatkan gelar Adipura. Dari sebutannya saja dapat dipastikan bahwa kebersihan kota benar-benar terjaga.

Kebudayaan di kota Lubuklinggau itu perpaduan antara Melayu dan Jawa. Dari bahasanya pun nampak akan keduanya, misalnya untuk mengatakan kata melihat, di sini memakai kata TENGOK. Namun untuk menyebut orang, di sini menggunakan bahasa jawa, ya sebut saja WONG. Kalau untuk kata yang lainnya, sama lah kayak bahasa Indonesia pada umumnya, hanya saja karena pengaruh bahasa Jawa itu maka setiap kata-kata yang berakhiran a, akan berubah bunyi menjadi berakhiran O. Misal : Darimana, di sini jadi DARIMANO, siapa jadi SIAPO, dan lain sebagainya. Untuk yang lainnya tetap sama. Misal: lagi, tetap saja lagi. Begitupun kata kamseupay, galau, bete, intinya kalau tidak berakhiran a tidak berubah. 

Ciri khas dari bahasa Lubuklinggau itu sendiri adalah penyingkatan kata. Seperti kata Tidak, akan disingkat menjadi DAK. Penggunaannya gini, Dak belajar kau, Glen?
Lalu kata kayak, akan disingkat menjadi CAK. Misalnya Glen mau nanya ke Uzay, kayak gimana caranya nyanyi, yang seharusnya dengan bahasa Melayu berbunyi gini "Kayak mana cara nya nyanyi, Zay?" akan menjadi seperti ini "Cak mano caro nyo nyanyi, Zay?"

Kayaknya untuk masalah bahasa cukup sebatas ini saja, kalau masih mau lebih silakan colek twitterku @hadikurz.

Lanjut kepada kebudayaan, ada satu yang kukagumi dari kota Lubuklinggau. Di sini ada kain adat, eh kain khas, entahlah nyebutnya gimana. Kain itu sejenis kain tenunan, yang bentuknya baguuuuus banget. Untunglah orang-orang dari negeri asal suaminya BCL belum tahu tentang ini. Ah, jangankan mereka, kayaknya orang-orang di negara kita pun belum banyak yang tahu. Bagaimana denganmu? Namanya Songket. Aku tak punya fotonya, silakan browsing, semoga aja ada. Tapi ada untungnya juga deng kain itu belum terkenal publik, biasanya yang tersembunyi gitu malah aman dari pencurian budaya.

Jangan curi ah, kalau emang tidak mau dibilang pecundang. Lebih baik menciptakan kebudayaan baru dari pada nyuri sesuatu yang telah menjadi buah karya orang lain.

Eh, misalnya kalau aku yang diklaim oleh orang asing sebagai miliknya, apa Indonesia juga akan heboh ya? :D

Comments

  1. Aku cindo nian ye...
    Wkwkwk...

    ReplyDelete
  2. cara termudah adalah dengan mencintai budaya yang ada di daerah kita masing2 tentunya..

    tapi kita juga saling menghormati budaya dari daerah tetangga.. dan tetap menjaga persatuan indonesia.. :)

    ReplyDelete
  3. ngakak gue baca judulnya :D

    ReplyDelete
  4. gue idem ama lo Di, selebihnya no coment.

    ReplyDelete
  5. Judulnya bikin penasaran. Kreatif abis lo man.

    jangan lupa mampir juga yah di blog saya

    ReplyDelete
  6. gue kalo pulang dari martapura OKU TIMUR ke padang.

    lewatnya ke lubuk linggau!!

    KEREN BANGET KOTANYA!!
    GEDE tapi ngga terlalu padat,
    tertata rapi dan bersih.

    ReplyDelete
  7. ada bang Uzay, ada Mbak Nisa, ada Mas Hadi nih yang temanya sama. kompakan ya?

    nah ni ada tawaran nyuri Mas Hadi.. ayo Mbak-mbak...buruan, keburu habiis.

    ReplyDelete
  8. ada sedikit kemiripan antara bahasa linggau khususnya atau palembang umumnya dengan bahasa Jambi... hehehe... mungkin karena tetanggaan kali ya...

    ReplyDelete
  9. aku ngk mau nyuri kamu di.. nyuri duda kaya aja deh.. :D

    ReplyDelete
  10. Wkwkwkwkw... judul yang kreatif... ( >__O)b

    ReplyDelete
  11. aku ga mau nyuri kamu!! kita sejenis !!! -__-

    ReplyDelete
  12. emang nyulik situ kalo dijual dapet untung berapa? #eh

    ReplyDelete
  13. Cuman pernah denger aja dek nama Lubuklinggau.. semoga entar bisa ke sana ya.. sepertinya seru, karena mother language saya juga melayu walopun agak beda2 dikit sama bahasa melayu di sana :D

    kalo kamu yg diklaim orang asing? errr, heboh ga eaa...

    ReplyDelete
  14. we are agen of change for Indonesia :)
    mulailah dari diri sendiri, menanamkan niat bahwa kita cinta Indonesia ..

    nice posting.. :)

    ReplyDelete
  15. jadi pengen ke lubuklinggau. btw, judulnya cukup bikin gue nyengir.

    ReplyDelete
  16. Sob, pengen tahu dong lebih detail mengenai Lubuklinggau. Maksudnya pake gambar,, hehe
    beneraan saya baru tahu skrang tntng Lubuklinggau

    ReplyDelete
  17. "Eh, misalnya kalau aku yang diklaim oleh orang asing sebagai miliknya, apa Indonesia juga akan heboh ya? :D"

    Inilah bagiaan yang menjadi pro dan kontra di artikel ini hahaha. Nice artikel sob, sukses ya, jangan lupa main ke project gue juga :)

    ReplyDelete
  18. Hahaha baca judulnya aku ketawa. Hahaha kalo Hadi diklaim negara lain Indonesia heboh nggak yah? Hahaha kayaknya masih kalah heboh sama tari tor tor deh :D

    ReplyDelete
  19. Anonymous19/7/12 09:50

    hahha... kalo elo diklaim Nay kagak punye kembaran lagi dong.. :p #ngeekk

    Simpen songketnye bae2 Di, jangan sampe suaminye BCL beserte konco2nye denger :D

    ReplyDelete
  20. udah lama ga ke sini, hi hi apa kabar Di, tadi malem aku ketemuan loh sama kembaranmu.. *hehe OOT :P

    ReplyDelete
  21. "Jangan Curi Budaya Kami, Curi Saja Aku! Bosan Liburan di Rumah Mulu"

    Baru baca judul postingannya aja udah ngakak guling-guling :D

    kenapa bosan bang DAK punya pacar ya? #eh
    *ceritanya belajar bahasa Lubuklinggau* :D

    ReplyDelete
  22. Swiming is the best exercise in summer and running in winter
    QU-IT & QU

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Popular posts from this blog

8Share Indonesia Alternatif Mengumpulkan Duit di Internet

Decolsin Solusi Flu Batuk yang Menyebabkan Kantuk

Cara Paralel Propana Reload ke Jabber