Curhatan Error Calon Penulis Beken



Majalah Story
Ada yang langganan majalah story? Berarti tahu dong curhatan error? Bagi yang nggak tahu, curhatan error disini berisikan curhatan pendek yang berhubungan dengan menulis. Biar ngak bingung, langsung ke contoh aja deh, ini kuambil dari blognya Kak Setiawan C dan Naminist.

Contoh 1.

Aku pingin jadi penulis. Makanya aku rajin membaca karya-karya penulis top. Seorang temanku bilang, "Lo mau jadi penulis? Gampang, asal rajin-rajin ngayal aja". Masa sih? Lalu aku mencoba berkhayal. Dan benar kata temanku itu. Mengkhayal bisa menghadirkan cerita. Tapi aku harus mulai dari mana? Karena aku mengkhayalkan Luna Maya menerima cintaku.


Contoh ke 2 ini pernah terbit di edisi ke 32. 

edisi ke 32
Ini punya Naminist.

Setiap mau nulis cerpen, aku mesti manicure dulu, biar jari jemariku cring dan sehat. Selain itu, kuku-kuku tanganku memang harus bersih dan terbebas dari kuman. Karena waktu mengetikkan huruf demi huruf, kata demi kata, kalimat demi kalimat, sampai menjadi satu cerita utuh, aku selalu memperhatikan kesepuluh jari tanganku yang menari dengan lincahnya. Kalau kuku-kukuku cantik, semangatku buat menulis pun antik.




Nah, ceritanya kan aku gabung di grup CK Writing Studies di FB. Grup itu merupakan sebuah grup bentukan para Story Lover, dengan kata lain grup itu merupakan grupnya pecinta story. Terus hari ini, 29 Juni, di edisi ke 36, spesial ultahnya story ke 3, curcolku nongol. :D

Cekidot!


Curhatan Error
Kata orang ide nulis itu bisa dari mana aja. Dengerin musik pun bisa jadi pilihan untuk numbuhin ide. Nah, kemaren gue nyoba dengerin lagu biar ide nulis nongol. Eh, ide nggak kunjung datang, gue malah ketiduran. Tepok jidad deh gue. Plakkk! Kendala lain, ketika gue ngalamin writing block. Otak gue mentok. Tahu nggak apa yang gue lakuin selanjutnya? Cuma 4 kata ; Gue, ngomong, ke, tembok. Buat apa?  Itu semua adalah trik gue biar dialog cepet tercipta.  Kalau dialog udah dateng dengan sendirinya, nulis jadi gampang dah. Writing block pun  lari dari kehidupan gue.

Comments

  1. hehe.. bukannya wajar ya blocking begitu Mas? kalo saya ya nggak ada penyelesaian. maklumlah, penulis abal-abal, hehe.. pindah aja ke ekspresi lain. main musik atau benerin genteng. biasanya si ekspresi terselurkan, blockingnya tetep, hehe..

    ReplyDelete
  2. Saya masih kesulitan jika untuk menulis, harus terus belajar dan belajar.

    ReplyDelete
  3. Saya kalo menghayal mah cepet. Kalo suruh nulisnya ampun deh susahnya :D

    ReplyDelete
  4. jangan jangan majalah story cuma terbit di daerah tertentu ya..?

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Popular posts from this blog

8Share Indonesia Alternatif Mengumpulkan Duit di Internet

Decolsin Solusi Flu Batuk yang Menyebabkan Kantuk

Cara Paralel Propana Reload ke Jabber