Posts

Showing posts from July, 2012

Curhatan Error Calon Penulis Beken

Image
Ada yang langganan majalah story? Berarti tahu dong curhatan error? Bagi yang nggak tahu, curhatan error disini berisikan curhatan pendek yang berhubungan dengan menulis. Biar ngak bingung, langsung ke contoh aja deh, ini kuambil dari blognya Kak Setiawan C dan Naminist.

Contoh 1.
Aku pingin jadi penulis. Makanya aku rajin membaca karya-karya penulis top. Seorang temanku bilang, "Lo mau jadi penulis? Gampang, asal rajin-rajin ngayal aja". Masa sih? Lalu aku mencoba berkhayal. Dan benar kata temanku itu. Mengkhayal bisa menghadirkan cerita. Tapi aku harus mulai dari mana? Karena aku mengkhayalkan Luna Maya menerima cintaku.

Contoh ke 2 ini pernah terbit di edisi ke 32. 
Ini punya Naminist.

Setiap mau nulis cerpen, aku mesti manicure dulu, biar jari jemariku cring dan sehat. Selain itu, kuku-kuku tanganku memang harus bersih dan terbebas dari kuman. Karena waktu mengetikkan huruf demi huruf, kata demi kata, kalimat demi kalimat, sampai menjadi satu cerita utuh, aku selalu memperhat…

Deadlock Cinta Bag. 3

<< Sebelumnya ...


“Kayaknya gue kudu bilang WAW deh!” “Iya tuh, keputusan yang tepat. Gue itu puasa sebagai upaya gue, minta kepada Yang Maha Kuasa, biar gue cepet gemuk, gitu!” “Oh gitu, eh gue lagi seneng dong!” “Ah elah, labil amat, tiba-tiba bete, tiba-tiba seneng. Seneng kenapa?” “Yaiyalah, gue kan anak muda, emangnya elo, ibu-ibu!” Ayu menjulurkan lidahnya. “Gue diajak ngedate dong ama Dion!” “Apa? Dion? yang gayanya kayak orang Korea itu ya?” Ayu menggerakkan alisnya ke atas, sebagai kode bahwa ia mengatakan iya. “Dia playboy kali, Yu!” “Cocok dong ama gue, playgirl.” Ayu terkekek setelah mengucapkan kalimat itu. ** Malam minggu berikutnya hadir kembali.  Tampang Ayu malam ini semakin ayu, dengan bedak yang ia poleskan seadanya. Ayu memang pandai berias diri. Suara ketukan pintu terdengar. Sang pujaan yang ditunggu-tunggu pun datang. Namun tiba-tiba Ayu tersentak, yang datang bukan lah Dion, tetapi Suhe – pacarnya. Loh kok elo sih yang datang? Ayu membatin. Dengan rasa malas yang sebe…

Deadlock Cinta Bag. 2

<< Sebelumnya ... “Ng ... kasih tau nggak ya ...” Ayu berlalu.  “Ah gue mau gendutin badan pokoknya, harus! Biar gue bisa juara juga di idol.” “Serius lo?” Vivi mengangguk. “Eh, bukannya lo mau ikut Abang None ya tahun ini?” “Oh iya ya,” kata Vivi. “Ah, berarti gue harus batalin ikut Abang None. Lagian gue yakin kok, kalau gue bakalan kalah.” “Orang gila!” caci Ayu. “Biarin!” Vivi mengelak. “Orang itu ya, yakin untuk menang, bukan yakin untuk kalah, itu namanya pesimis, dan lo tau ...” Ayu mengambil jeda sebentar, kemudian melanjutkan lagi omongannya setelah mengeruk kepala. “Pesimis itu adalah perbuatan yang tercela. Paham?” “Oh iya ya!” Vivi langsung menepok jidadnya sendiri. Plakkk! ** Matahari siang bersinar cerah, tapi tak secerah tampang Ayu yang sebenarnya berwajah cantik. Pasalnya ada segelintir masalah yang sedang ia sembunyikan dari Vivi. Tapi Ayu merahasiakan hal ini kepada Vivi dengan alasan yang masih simpang siur. Melihat ada yang tidak beres pada air muka Ayu, Vivi meledeknya …

Deadlock Cinta Bag. 1

“Ah pusing banget gue, Yu!  Capek, deh!” Vivi tiba-tiba ngedumel dan langsung nyelonong masuk ke kamar Ayu – anak Tantenya Vivi yang adiknya adalah kakak  perempuan Mamanya yang dulunya pernah ikut Abang None tahun 1992. “Kenapa lo?” tanya Ayu cuek. “Sumpah ya, gue pusing banget ngerjain soal UAS hari ini. Oh my God, Tuhan aja nggak pernah ngasih gue cobaan sampe sepusing ini, emang tu dosen killer abis, Bok!” cerocos Vivi. “Itu karena lo-nya aja kali yang males belajar!” “Ah elah, ‘kan lo tahu sendiri gue itu rengking satu mulu, Yu!” elak Vivi. “Helooo ... lo rengking satunya kapan, Neng?” “Dulu sih ... waktu ... es ... de,” jawab Vivi lambat. “Nah, itu tahun berapa?” “...” Vivi berpikir. “Sekitar tahun 2000anlah, emang kenapa?” “Au ah elap!” jawab Ayu cuwek. Ia masih fokus dengan script PHP yang kini menjadi tugas akhirnya. ** Malam tanpa bintang. Bulan pun sembunyi dibalik gumpalan awan. Hujan turun menggericik tak mengganggu telinga Vivi menononton tivi. Ia menyimak ajang paling booming di a…

Jangan Curi Budaya Kami, Curi Saja Aku! Bosan Liburan di Rumah Mulu

Image
Silakan simak dulu Peta Sumatera Selatan di bawah ini!
Dalam kesempatan ini akan kukenalkan kebudayaan di Lubuklinggau. Tak dapat dipungkiri, hingga umur Indonesia sedewasa sekarang pun, masih ada saja orang yang tidak tahu dimana Lubuklinggau itu. Bahkan, temanku di Facebook saat kuberi tahu nama kotaku, dia malah ngira kalau Lubuklinggau itu di Kalimantan. Karena yang  orang-orang tahu dari Sumatera Selatan hanya sebatas Pempek, Palembang, dan Jembatan Ampera. Padahal kan bukan hanya sebatas itu doang.
Lubuklinggau adalah sebuah kota yang mendapatkan gelar Adipura. Dari sebutannya saja dapat dipastikan bahwa kebersihan kota benar-benar terjaga.
Kebudayaan di kota Lubuklinggau itu perpaduan antara Melayu dan Jawa. Dari bahasanya pun nampak akan keduanya, misalnya untuk mengatakan kata melihat, di sini memakai kata TENGOK. Namun untuk menyebut orang, di sini menggunakan bahasa jawa, ya sebut saja WONG. Kalau untuk kata yang lainnya, sama lah kayak bahasa Indonesia pada umumnya, hanya s…

My Facebook Hadi Kurniawan

Image
Dinyatakan sebagai pemenang itu emang asyik dong. Ya apapun itu hadiahnya. Printscreen di atas itu adalah pengumuman pemenang ketika aku mengikuti event bikin puisi narsis, untuk mendapatkan buku antologi Narsis Unlimited yang cover-nya kupakai jadi PP FB.
Kalau dipikir-pikir, yang kubuat ituu bukan puisi narsis, tapi puisi songong. Lihat aja judulnya, "Aku Ganteng Sejagat Raya" padahal aslinya jauh banget, kalau bandingannya Udin Sedunia mah, diriku masih berada diatasnya emang. Tapi kalau bandingannya Irwansyah, halah, jadi malu sendiri. Makanya puisinya kusebut sebagai puisi songong. Mau lihat puisinya? cekidot!

Gimana? Songong atau Narsis? 22nya? ya deh, silakan berargumen!


Nah kalo poto di ata ini adalah status yang kubuat semalam. Spontanitas aja bikinnya, gara-gara ada iklan M3 yang nongol mulu. Eh gak taunya malah diplagiat orang yang nama FB-nya alay beud. Nih lihat sendiri!

Cukup dongkol sih. Tapi sebentar doang. Mengingat diriku adalah seorang yang pemaaf banget ya. H…

Hi Angela (Edisi Lagi gak Jelas)

Image
Kata orang, saat kita mendengar suara makhluk halus gitu, itu artinya mahluknya beneran ada. Nah barusan aku dengerin suara gitu. Kayak merintih, tapi gak jelas. Masya Allah, serem, Boss! Mana aku lagi insomnia pula. :O
Yaudahlah, bukan itu yang mau aku bahas kali ini. Beberapa hari yang lalu aku gak sengaja ngecek spam imel, eh ternyata diriku mendapatkan sebuah surat dari Angela. Siapakah dia? Apa isinya? Cekidot!

Hi Dear!!

I am sorry if i am disturbing you by this mail, My name is Angela, I got your email address through Indonesian online blog site while browsing today and decided to contact you, i will be happy  to be your friend. I hope you will find time in your busy schedule to reply my mail so that i can tell you about myself and also share more of my pictures with you. Take good care of yourself and have a wonderful day!!

Truly yours,
Angela.
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Saya minta maafjika sayamenggangguAnda melalui suratini, Nama s…

Cerita di Awal April (Repost)

Postingan ini cuma sekedar repost. Btw, kiamat internet gajadi ya? Terus kiamat 2012 jadi ga?

Ceritanya tanggal 1 April lalu, aku menghadiri ijabnya kakak sepupuku. Jadi kalo mau ditarik silsilahnya, si kakak sepupu yang baru saja menikah ini anaknya budeku - yang merupakan kakak perempuannya ayahku.
Waktu berangkat ke lokasi ijab – di kediaman mempelai putri – aku dari rumah budeku ini mboncengin cucunya dia. Si cucunya ini adalah anak kakak yang paling tua dari kakak sepupu yang baru ijab kemaren itu.
Sebut aja namanya Eni, karena namanya emang beneran Eni. Dia dalam silsilah keluargaku bisa memanggilku dengan panggilan Lek, atau Om, atau Paman!
Sebenarnya rentang umurku dengan umurnya Eni  ga begitu jauh. Aku lahir tahun 92 pertengahan bulan 2, sedangkan dia lahir tahun 93 bulan 12 akhir.  Kalo secara matematisnya jarak setelah aku lahir ke waktu kelahirannya dia itu sekitar setahun lebih sepuluh bulan gitu lah.
Yang mau  ku ceritakan kali ini bukan tentang si Eni. Aku ke…

Semoga Tuhan Ngasih dia Keberkahan yang Melimpah

Image
Beberapa hari yang lalu gue ditegur oleh ketua kelas Blogger Shout Out, klik ini bagi yang belum tau. Asli gue malu abis dapet teguran kayak gitu. Kesanya gue itu terlalu bolot eh bego, entahlah, sampe dibilang  gak nyambung segala.

Kayak Manusia Aja Lo

Image
“Gue kesel deh, Bok, keseeel ...!” kata Bety. “Kenapa?”  tanya Kyu singkat. “Cowok gue, yang kemaren gue kenalin ke elo di pohon jambu ... nggak bisa romantis sama sekali, keki gue jadinya, heuh!” omel Bety. Angin sepoy bertautan, seiring cerahnya langit dengan purnama yang memesona. 
“Ah elah, gitu doang lo ribetin. Cus deh ye ....” Kyu mulai jengah.

Kadang Ada Saatnya

Image
Cerita Uzay dan Ainisa gak bakalan berlanjut lagi. Kenapa? Karena #15HariNgeblogFF2 udah berakhir.
Setengah bulan lamanya ngeblog FF rasanya susah-susah gampang. Paling susah bagi waktu antara  dunia nyata dan dunia maya, dengan tuntutan harus nyiptain FF di setiap harinya.