Delapan Tips Menulis ala Patricia

Bagi Sobat penulis pemula,memang terkadang sangat sulit untuk memulai sebuah tulisan. Hal ini mungkin saja menyangkut ide atau bagaimana cara memulai sebuah tulisan yang menawan. Patricia L Fry (seorang penulis yang telah menerbitkan dua puluh lima buku) memberi delapan tips bagi Sobat untuk memulai sebuah tulisan :

1. Tulislah hal yang Sobat tahu. 
Ini nasihat yang paling mendasar. Tulislah hal yang menjadi keahlian Sobat. Tuliskan hal, hobi, pengalaman atau bakat yang menurut Sobat menarik untuk diceritakan atau dituliskan.
2.  Tulis tentang hal yang ingin Sobat ketahui. 
Menulis bisa membawa Sobat menuju hal-hal yang belum Sobat ketahui.  Sobat bisa menjelajahi topik serupa, browsing di internet, membaca atau bahkan melakukan riset kecil untuk menambah referensi.

3. Berbagi pengalaman. 
Orang suka berbagi, cerita dan curhat kepada orang lain. Menuliskan pengalaman Sobat yang unik, bisa memudahkan Sobat dalam menulis, karena Sobat benar-benar mengalaminya. dan bisa saja pengalaman yang Sobat tuliskan menjadi masukan bagi Sobat lainnya.
4. Ceritakan atau tulis pengalaman orang lain. 
Selain berbagi pengalaman, menceritakan pengalaman orang lain bisa jadi pilihan lain. Banyak mendengar keluhan atau kisah orang lain, bisa jadi oase ide Sobat.
5. Diam, perhatikan dan dengarkan. 
Dengarkan dan lihat alam sekitar kita. Alam dan orang-orang adalah sumber ide Sobat yang sangat berharga.

6. Akrab dengan berita. 
Mendengar berita dan membaca Koran, dapat merangsang orang untuk berpikir dan berimajinasi. Berita juga mampu merangsang orang untuk menulis. Bisa jadi berita tentang TKI, Prita Mulyasari dan Dede si “Manusia Pohon” mampu memunculkan ide kreatif Sobat.
7. Gunakan internet. 
Internet bisa jadi sumber subur bagi penulisan. Menjelajahi internet, mengetahui hal baru, membaca artikel di blog bisa menambah wawasan Sobat dalam menulis dan tentu yang tidak ketinggalan adalah munculnya ide untuk menulis.
8. Tulislah dengan jujur. 
Menulislah secara alami. Jujur pada diri Sobat. Apa yang menjadi tujuan Sobat menulis. apa yang membuat Sobat semangat menulis? Apakah uang?  Tidak masalah, jujur saja. Agar Sobat lebih lepas dalam menulis.

Itulah delapan tips dari Patricia L Fry. Semoga Sobat menjadi lebih semangat dan termotivasi lagi untuk menulis. ^_^ << sumber

Comments

Popular posts from this blog

Cara Paralel Propana Reload ke Jabber

Decolsin Solusi Flu Batuk yang Menyebabkan Kantuk

Kamus Bahasa Linggau